Jokowi Beri Bansos Beras 10 Kg Untuk 21,3 Juta Keluarga

Presiden Jokowi secara resmi meluncurkan kegiatan penyaluran cadangan beras milik pemerintah untuk masyarakat miskin dalam program bantuan pangan 2023.

Jokowi Beri Bansos Beras 10 Kg Untuk 21,3 Juta Keluarga
Jokowi Beri Bansos Beras 10 Kg Untuk 21,3 Juta Keluarga. Gambar : Dok. Bulog

BaperaNews - Presiden Jokowi secara resmi luncurkan kegiatan penyaluran cadangan beras milik pemerintah untuk masyarakat miskin dalam program bantuan pangan 2023.

Kegiatan dilaksanakan di Perum Bulog Pusat Distribusi Ngabeyan, Sukoharjo, Jawa Tengah. “Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, di siang hari ini saya luncurkan program penyaluran cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan tahun 2023” tutur Jokowi dalam acara tersebut pada Senin (10/4).

Presiden Jokowi menyebut kegiatan penyaluran bantuan pangan beras ini akan berlangsung selama 3 bulan di bulan ramadhan, lebaran, hingga setelah lebaran demi membantu rakyat miskin agar tetap bisa menjalani puasa ramadhan dan lebaran mengingat di hari-hari tersebut biasanya terjadi kenaikan harga barang pokok karena banyaknya permintaan.

Tiap keluarga yang dianggap berhak bansos beras Jokowi menerima akan diberi 10 kg beras per bulannya.

“Nanti akan segera kita salurkan kepada masyarakat di Solo Raya dan nasional semuanya yang diberi bantuan totalnya 21,3 juta keluarga” imbuhnya. 

Baca Juga : Bansos Beras Disalurkan Secara Bertahap Mulai Akhir Maret 2023

Jokowi berharap bantuan ini bisa membuat masyarakat miskin tercukupi kebutuhan hariannya, bisa mengendalikan harga beras di pasaran, juga bisa dimanfaatkan rakyat yang membutuhkan untuk pasokan bahan makanan mereka di masa puasa dan lebaran 2023 ini.

Program ini akan disalurkan melalui pemerintah desa dan daerah masing-masing, hanya keluarga yang masuk kalangan miskin dan rentan miskin yang mendapatkan bantuan pangan beras 10 kg ini, penyaluran dilakukan secara bertahap ke seluruh wilayah Indonesia.

Selain beras, pemerintah juga akan memberi bantuan pangan lain berupa telur dan daging ayam, namun belum diketahui kapan akan diluncurkan dan berapa besaran bantuannya. Saat ini yang sudah siap untuk disalurkan baru bahan pokok beras.

Di Solo Raya sendiri bantuan pangan beras telah diberikan kepada 565.420 keluarga penerima manfaat (KPM).

“Hari ini kita luncurkan bansos beras Jokowi untuk masyarakat di kota Solo, kita harapkan dengan bantuan ini bisa menurunkan harga beras” pungkas Jokowi.

“Secara bertahap proses penyaluran telah dilakukan sejak 31 Maret 2023 lalu sesuai arahan Bapak Presiden jokowi dan Alhamdulillah berjalan lancar sampai saat ini, ini akan terus digulirkan sampai Mei 2023 nanti” sambung Kepala Badan Nasional (NFA) Arief Prasetyo dalam kesempatan yang sama. 

Baca Juga : Jokowi Resmikan Keppres Biaya Haji 2023, Ini Besaran Biaya Per Embarkasi