Jemaah Haji Lansia Dapat Sewa Kursi Roda Untuk Tawaf dan Sa'i

Akibat kebutuhan kursi dan kursi roda di Mekkah maupun Madinah ikut meningkat, kini tanah suci mengadakan persewaan kursi roda dan skuter, jemaah yang membutuhkannya bisa menyewanya. Simak selengkapnya!

Jemaah Haji Lansia Dapat Sewa Kursi Roda Untuk Tawaf dan Sa'i
Jemaah Haji Lansia Dapat Sewa Kursi Roda Untuk Tawaf dan Sa'i. Gambar : Dok.Umrahnews.com

BaperaNews - Pemerintah memprioritaskan peserta Jemaah haji lansia untuk berangkat di tahun ini. Ada 30% jatah khusus untuk Jemaah haji lansia.

Karena banyaknya lansia yang berhaji, kebutuhan kursi dan kursi roda di Mekkah maupun Madinah ikut meningkat. Alat bantu ini memang dibutuhkan para lansia untuk bisa melakukan tawaf dan sa’i dengan lebih mudah.

Di tanah suci sendiri ada persewaan kursi roda dan skuter, jemaah yang membutuhkannya bisa menyewa mengingat haji ialah ibadah yang butuh gerak langsung secara fisik seperti tawaf berupa mengitari ka’bah 7 kali dan sa’i yang berjalan dari shafa ke Marwah bolak balik 7 kali.

“Jemaah haji Indonesia yang butuh skuter dan kursi roda bisa memakai layanan sewa di Masjidil Haram” tutur Ketua Penyelenggara Ibadah Haji Arab Saudi 2023 Subhan Cholid hari Jumat (2/6).

Layanan sewa kursi roda dan skuter ini sepenuhnya dikelola oleh panitia haji Arab Saudi, ada jalur khusus untuk jemaah haji yang tawaf dan sa’i dengan bantuan kedua alat ini, jadi tidak akan bercampur dengan jemaah haji yang berjalan kaki sendiri. Jemaah haji lansia dihimbau untuk menyewa di tempat yang resmi, lokasi sewa ada di tiap lantai.

“Ada petugas resmi di dalam Masjidil Haram, mereka pakai seragam khusus” imbuhnya.

Baca Juga : Jemaah Haji Meninggal di Madinah Bertambah, PPIH Arab Saudi : Sesak Napas

Harga Sewa Kursi Roda Haji dan Skuter

Sewa kursi roda untuk tawaf dan sa'i berkisar antara 100-200 SAR atau setara dengan Rp 400.000-Rp 800.000 (kurs Rp 4.000/1 SAR). Sedangkan tarif sewa skuter berkisar 57-115 SAR atau Rp 228.000-Rp 460.000

1. Tarif Kursi Roda

  • Paket Tawaf dan Sai: SR200/orang
  • Tawaf saja: SR100/orang
  • Sa'i saja: SR100/orang

2. Tarif Skuter 1 Orang

  • Paket Tawaf dan Sai: SR 115/orang
  • Tawaf saja: SR57,5/orang
  • Sa'i saja: SR57,5/orang

3. Tarif Skuter 2 Orang

  • Paket Tawaf dan Sai: SR230
  • Tawaf saja: SR1153. Sai saja: SR115

Pihak Saudi Beri Keterangan

“ya itu harga sewa kursi roda haji tersebut hanya untuk tawaf dan sa’i saja ya, tidak termasuk untuk layanan dari hotel ke terminal atau dari terminal ke Masjidil Haram” pungkas Subhan.

Para jemaah juga diminta selalu memakai identitas pengenal diri dan abaikan tawaran sewa kursi roda dari pihak yang tidak memiliki identitas resmi serta jangan sungkan untuk meminta bantuan petugas jika ingin menyewa kursi roda dan skuter.

Sebagai informasi, per hari Sabtu (3/6) 16 kloter jemaah haji yang terdiri dari 6.277 orang telah berangkat ke Mekkah dan Madinah. Jemaah yang tiba secara keseluruhan telah mencapai 60.149 orang atau 156 kloter.

Baca Juga : Baru Sampai di Madinah, Jemaah Haji Asal Gresik Meninggal Dunia Akibat Sesak Napas