Jelang Piala Dunia U-20, Gubernur Bali Tolak Timnas Israel Main di Bali

Gubernur Bali, Wayan Koster secara tegas menolak Timnas Israel U-20 bermain di Bali pada laga Piala Dunia U-20 2023 Indonesia.

Jelang Piala Dunia U-20, Gubernur Bali Tolak Timnas Israel Main di Bali
Gubernur Bali Tolak Timnas Israel Main di Bali. Gambar : AFP/Dok. Vladimir Simicek

BaperaNews - Gubernur Bali menolak Timnas Israel bermain di wilayahnya pada laga Piala Dunia U-20 2023 Indonesia. Hal ini membuat polemik, sebelumnya kepesertaan Israel di Piala Dunia U-20 2023 menimbulkan tanda tanya mengingat selama ini Indonesia tidak memiliki hubungan diplomasi dengan Israel.

Sejumlah organisasi di tanah air juga menolak kehadiran Timnas Israel U-20 ke Indonesia sebagaimana yang ditegaskan Gubernur Bali Wayan Koster.

Wayan Koster mengirim surat kepada Menpora RI tentang penolakannya kepada Timnas Israel U-20, mereka tidak diizinkan untuk datang ke Bali.

Diketahui Piala Dunia U-20 2023 Indonesia akan segera dilaksanakan. Ajang olahraga sepakbola dengan peserta anak-anak muda umur 20 tahun itu dijadwalkan pada 20 Mei – 11 Juni 2023 dengan 24 peserta dari berbagai negara seluruh dunia.

Saat ini sudah ada 24 negara yang lolos Piala Dunia U-20 2023 Indonesia yang salah satunya ialah Timnas Israel. Israel mendapat tiket usai berhasil menembus final Piala Eropa U-10 2922.

Timnas Israel sebagai wakil dari UEFA (konfederasi sepakbola Eropa). Selain Israel, ada juga Inggris, Prancis, Italia, Slovenia, dan lainnya.

Baca Juga : Jadwal Lengkap Piala Dunia U-20 2023 Indonesia, Diikuti 24 Timnas!

Namun kepesertaan Timnas Israel dan kedatangan mereka ke Indonesia ditolak oleh sejumlah ormas, termasuk juga Gubernur Bali menolak Timnas Israel. Wayan Koster resmi kirim surat penolakan kepada Menpora Zainuddin Amali pada Selasa, 14 Maret 2023.

Alasan Gubernur Bali menolak Timnas Israel ialah karena adanya kebijakan politik Israel terhadap Palestina yang tidak sesuai dengan negara Indonesia, selain itu juga karena Israel dan Indonesia tidak ada hubungan diplomatik.

“Kami mohon Bapak Menpora ambil kebijakan untuk melarang tim dari Israel ikut bertanding di Bali, kami Pemprov bali menyatakan penolakan atas keikutsertaan Israel untuk bertanding di kawasan Bali” tulis Wayan Koster dalam suratnya.

“Hal ini untuk menghormati hubungan diplomatik antara Indonesia dengan negara lain khususnya yang berhubungan dengan Israel” pungkas Wayan Koster. Menpora Zainuddin Amali belum memberi tanggapan atas permintaan Wayan Koster tersebut.

Sebelumnya penolakan atas kedatangan Timnas Israel ke Indonesia juga dilakukan oleh sejumlah ormas islam termasuk MUI (Majelis Ulama Indonesia) karena sesuai UUD 1945 penjajahan harus dihapuskan dan Israel telah menjajah Palestina.

Indonesia juga tidak punya hubungan diplomatik dengan Israel, dan MUI terus memperkuat solidaritas kepada rakyat Palestina yang selama ini jadi korban dari kejahatan Israel.

Baca Juga : Jadwal Lengkap Kualifikasi Euro 2024: Prancis Vs Belanda Hingga Italia Vs Inggris!