Jakarta Akan Punya 3 Mall Baru Tahun 2023

Pada tahun 2023 mendatang akan ada banyak hal menarik yang hadir di Jakarta, salah satunya adalah Mall. Jakarta akan memiliki 3 Mall baru pada tahun 2023.

Jakarta Akan Punya 3 Mall Baru Tahun 2023
Jakarta akan punya 3 mall baru pada tahun 2023. Gambar : Instagram/@menarajakartaofficial

BaperaNews - Pada Tahun 2023 mendatang ada 3 mall baru di Jakarta, menambah luas ruang ritel. “Tambahan 3 proyek mall baru ini menambah luas ruang ritel hingga 123.200 meter persegi di tahun 2023” tutur Direktur Strategic Consulting Cushman & Wakefield Arief Rahardjo.

3 mall baru di Jakarta 2023 tersebut ialah Lippo Mall East Side, Mall Menara Jakarta, dan Podium Ritel Thamrin Nine.

Sementara pada tahun 2022 ini, 6 proyek mall baru telah selesai dengan ruang sebesar 43.800 meter persegi. Pada tahun 2023 mendatang, ruang ritel diperkirakan akan tumbuh seiring dengan diselesaikannya proyek ritel besar dan adanya peningkatan lalu lintas pelanggan.

“Kekosongan ruang ritel diperkirakan menurun -2,3% di tahun mendatang, persewaan sewa diperkirakan meningkat” imbuhnya. Meski penyerapan ruang terus terjadi, tingkat dasar sewa diperkirakan tidak berubah di tahun 2023 sebab masih ada pemulihan menyeluruh dari bisnis ritel.

Insentif sewa diduga tidak berlanjut di tahun 2023 usai kembalinya jam operasional penuh dan juga para pengunjung ritel. Pada tahun 2022, pertumbuhan ekonomi di Indonesia meningkat pesat meski terjadi kenaikan harga, suku bunga, dan inflasi.

Diperkirakan pengeluaran rumah tangga di tahun 2023 akan lebih seimbang dengan semakin berkurangnya dan hilangnya pandemi.

Baca Juga : Kabar Bahagia! Lowongan CPNS Dan PPPK Akan Dibuka Lagi Tahun 2023

“Adanya periode pasca pandemi, pelonggaran pembatasan tentang Covid-19, berlanjutnya vaksinasi, dan juga meningkatnya daya tahan tubuh penduduk terhadap penyakit akan berdampak positif pada kenaikan jumlah pengunjung di ritel” pungkas Arief Rahardjo.

Sebagaimana diketahui di masa pandemi, pusat keramaian seperti mall seolah mati, adanya berbagai pembatasan dan PHK besar-besaran membuat banyak masyarakat menurun daya belinya, termasuk tidak lagi bisa berkunjung atau berbelanja sesering sebelumnya di mall. Hal ini berdampak pada ritel, omset berkurang drastis, tidak sedikit yang harus memPHK karyawannya bahkan menutup usahanya.

Namun kini kondisi berubah jauh lebih baik, mall kembali ramai, pemerintah terus melonggarkan kebijakan pembatasan seiring dengan meningkatnya vaksinasi dan kekebalan tubuh masyarakat.

Diharapkan di tahun 2023 mendatang ekonomi di Indonesia terus membaik, masyarakat memiliki daya beli yang bagus, namun juga memiliki investasi atau dana pribadi yang memadai.

Dengan demikian ritel akan tetap maju dan masyarakat tetap bisa memiliki kemampuan untuk terus memenuhi kebutuhan hidup.

Baca Juga : Aturan Baru Konser Di Jakarta: Penonton Maksimal 70%, Hingga Jam 12 Malam