Jack Dorsey Uji Coba Peluncuran Bluesky, Media Sosial Yang Mirip Twitter!

Mantan CEO Twitter, Jack Dorsey, melakukan uji coba peluncuran aplikasi media sosial mirip Twitter bernama Bluesky.

Jack Dorsey Uji Coba Peluncuran Bluesky, Media Sosial Yang Mirip Twitter!
Mantan Ceo Twitter, Jack Dorsey Uji Coba Peluncuran Bluesky. . Gambar : Reuters/Dok. Lucas Jackson

BaperaNews - Bagi pengguna Twitter yang kerap kali merasa jengah dengan berbagai kebijakan baru Elon Musk, kini hadir aplikasi media sosial mirip Twitter, Bluesky.

Bluesky merupakan aplikasi media sosial baru buatan mantan CEO Twitter Jack Dorsey, saat ini Bluesky telah dirilis dan masuk masa uji coba. 

Bluesky disebut sebagai media sosial dengan tampilan simple dan antaramuka yang tidak jauh berbeda dengan Twitter. Jack Dorsey meluncurkan aplikasi Bluesky sejak 17 Februari 2023. Bluesky sudah bisa diunduh oleh pengguna iPhone, saat ini telah diunduh 2.000 pengguna. 

Namun, mereka yang mengunduh Bluesky baru orang tertentu yang mendapat undangan, belum dilepas ke publik seutuhnya. Hal ini lantaran Bluesky masih dalam tahap uji coba.

Bluesky juga belum bisa diakses oleh pengguna Android, belum tersedia di Google Play Store. Undangan untuk mengunduh baru diberikan kepada orang tertentu, mereka diberi kesempatan untuk mendaftar dan akses Bluesky.

Baca Juga : Elon Musk Mundur Dari CEO Twitter Tahun Ini!

Uji Coba Peluncuran Bluesky

Dilakukannya uji coba ini ialah pertanda Bluesky akan diluncurkan ke publik sepenuhnya. Upaya utama dari Bluesky yang disampaikan Dorsey ialah AT (authenticated transfer protocol). Sedangkan Bluesky yang diunduh di ponsel punya fungsi penunjuk sistem sedang beroperasi.

AT yang dimaksud oleh Jack Dorsey ialah sebuah activity hub yang memungkinkan pengguna bisa menciptakan jaringan sosial sendiri mirip fitur di Mastodon. Bluesky sebenarnya sudah dibuat Dorsey sejak tahun 2019 ketika ia masih memimpin Twitter.

Aplikasi Bluesky mirip Twitter, dengan laman login warga biru langit dan awan. Ada juga menu untuk masuk ke akun baru. Sedangkan highlight yang muncul, di laman home tidak banyak berbeda dari Twitter.

Pengguna bisa memberi like pada postingan, memberi simbol hati, mengunggah ulang postingan, atau membalas postingan. Lokasi following juga berada di bagian kanan bawah header seperti di Twitter. 

Begitu pula dengan foto profil, mirip dengan Twitter berupa bentuk lingkaran dan keterangan jumlah pengikut atau akun yang diikuti.

Menu lain di bagian bawah Bluesky ialah Home, Pencarian, dan Notifikasi. Belum diketahui apakah Bluesky akan dirilis langsung ke semua negara dalam waktu yang sama atau diluncurkan secara bertahap. Bagaimana menurut Anda, tertarik beralih ke Bluesky?

Baca Juga : Twitter Kenakan Tarif Untuk Autentikasi Dua Faktor