Instagram Akan Tambah Iklan di Setiap Fiturnya!

Pengguna Instagram akan melihat lebih banyak iklan di akunnya karena Instagram akan mulai melakukan uji coba untuk penempatan iklan-iklan baru.

Instagram Akan Tambah Iklan di Setiap Fiturnya!
Instagram Akan Tambah Iklan di Setiap Fiturnya. Gambar : appletoncreative.com

BaperaNewsPengguna Instagram akan melihat lebih banyak iklan di akunnya. Hal ini diumumkan oleh Meta, perusahaan induk Instagram, bahwa Instagram mulai melakukan uji coba untuk penempatan iklan-iklan baru.

Salah satu fitur yang akan diuji coba Instagram tambah iklan ialah menempatkan iklan instagram di hasil pencarian pengguna. Misalnya jika pengguna mencari dengan kata kunci “Riasan”, maka tidak hanya muncul akun atau konten tentang riasan, namun juga iklan yang berhubungan dengan riasan. Iklan akan muncul dalam feed yang digulirkan pengguna.

Untuk mengetahui postingan yang muncul iklan atau tidak, pengguna bisa membedakan dari keterangan kontennya. Konten beriklan Instagram akan diberi label “Bersponsor” di dalamnya.

Tujuan dari memperbanyak iklan Instagram ini ialah untuk memberi kesempatan lebih banyak kepada pelaku bisnis untuk menjalankan dan memperluas usahanya, sebab iklan mereka bisa lebih banyak dilihat pengguna.

Penempatan iklan Instagram baru secara global rencananya mulai diterapkan bulan depan. Instagram juga bekerjasama dengan brand tertentu untuk menguji format tampilan iklannya serta mampu memberi tahu pengguna tentang jadwal atau peluncuran produk tertentu sebagai bentuk promosi pelaku usaha. 

Baca Juga : Waspada! Modus Penipuan Surat Tilang Via Whatsapp

Ketika pengguna memilih “Iklan Pengingat”, maka jika ada acara terkait brand tertentu pengguna akan diingatkan, pemberitahuan akan dikirim sehari sebelumnya, juga 15 menit sebelum acara dimulai agar pengguna tidak lupa akan acara tersebut. Pengingat akan muncul layaknya notifikasi di layar ponsel pengguna.

Di sisi lain, iklan instagram juga akan menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan untuk Meta. Tak heran Meta bekerja keras agar makin banyak pelaku usaha beriklan di platformnya mengingat di tahun 2022 kemarin Meta menyebut pendapatannya berkurang.

Tepatnya pada kuartal ke-4 tahun 2022, Meta melaporkan pendapatan iklannya sebesar USD 31,25 Miliar, turun dari kuartal ke-3 tahun 2022 yang mencapai USD 32,64 Milyar. Akibatnya, pada November 2022, Metab terpaksa lakukan PHK massal pada karyawannya, kepada 11 ribu orang pekerja, kemudian masih dilanjutkan dengan memPHK 10 ribu pekerjanya dengan alasan untuk restrukturisasi divisi.

Maka dengan adanya tambahan iklan di Instagram dan adanya fitur Notifikasi acara sebuah brand yang juga berhubungan dengan iklan akan bisa menambah penghasilan untuk Meta agar tak ada lagi PHK massal kepada pekerjanya. 

Baca Juga : Google Mulai Uji Coba Chatbot Bard, Teknologi AI Pesaing ChatGPT