Instagram Akan Hapus Stiker Add Yours yang Mengumpulkan Data Pribadi

Instagram menyampaikan akan menghapus stiker add yours yang mengumpulkan informasi data pribadi yang bermunculan di instagram stories, Berikut informasinya

Instagram Akan Hapus Stiker Add Yours yang Mengumpulkan Data Pribadi
Fitur Stiker Add Yours Instagram yang raih data pribadi. Gambar : Tangkapan Layar Instagram.com

BaperaNews - Instagram menyampaikan akan menghapus konten yang membagikan serta mengumpulkan informasi identitas pribadi yang bermunculan menggunakan stiker Add Yours di Instagram Stories.

Perwakilan Meta Indonesia berkata bahwa mereka akan menghapus berbagai informasi pribadi yang telah menyebabkan kerugian fisik hingga keuangan, tempat tinggal, dan medis. Selain itu,mereka juga akan menghapus informasi pribadi yang telah diperoleh lewat sumber ilegal.

Dikutip dari CNNIndonesia.com pada Selasa (23/11/2021) sore, Meta menyampaikan bahwa pihaknya akan menghapus konten yang membagikan, menawarkan, dan juga mengumpulkan informasi identitas pribadi atau informasi pribadi lainnya yang dapat menyebabkan kerugian fisik atau keuangan, seperti informasi keuangan, tempat tinggal dan medis, serta informasi pribadi yang diperoleh dari sumber ilegal.

Diketahui, Fitur Add Yours adalah fitur terbaru yang dapat digunakan di Instagram Story. Melalui fitur Add Yours, pengguna dapat saling berbalas pesan melalui postingan Instagram Story. Belakangan ini, fitur tersebut seringkali dijadikan kuis atau challenge oleh para pengguna.

Meta pun menyebut privasi serta keamanan informasi data pribadi pengguna adalah hal fundamental yang sangat penting untuk Instagram. Pihaknya berupaya untuk dapat menjaga identitas serta informasi pribadi pengguna.

Kemudian pihaknya juga tidak memperbolehkan pengguna memposting informasi pribadi atau yang bersifat rahasia, baik mengenai diri mereka sendiri ataupun orang lain.

Sebelumnya, beberapa pengguna Instagram mengaku bahwa melalui fitur Add Yours ini dapat berpotensi menjadi celah kebocoran data hingga menjadi modus penipuan di media sosial. Salah seorang pengguna Instagram menyampaikan bahwa rekannya baru saja menjadi korban kejahatan yang diduga diakibatkan penggunaan fitur kuis Add Yours di Instagram Stories.

Melalui akun Twitter @ditamoechtar, ia menyampaikan bahwa rekannya dimintai sejumlah uang untuk ditransfer. Dita mengungkapkan rekannya tersebut percaya untuk mengirimkan uang karena penipu memanggilnya dengan nama panggilan akrab.

Diduga, nama panggilan akrab tersebut diketahui ketika korban mengikuti challenge di Instagram.

Selain itu, konteks penipuan melalui fitur Add Yours juga disampaikan oleh salah satu kreator konten yakni Eza Hazami. Ia menyampaikan bahwa fitur Add Yours dapat dengan mudah membuat pengguna untuk membagikan data pribadinya.

"Enggak sekalian besok-besok masukin nama Ibu Kandung, sama 3 nomor belakang CVV/CVC kamu?" tulis Eza, Selasa (23/11).

Unggahan tersebut pun mendapatkan respon yang cukup beragam oleh netizen. Akan tetapi, sebagian diantaranya menyampaikan sempat menerima komunikasi yang mencurigakan setelah mengunggah serta mengikuti fitur Add Yours di Instagram.