Ini Dia Tradisi Perayaan Idul Fitri di Indonesia!

Perayaan Idul Fitri di Indonesia jadi momen paling ditunggu yang membahagiakan bagi seluruh umat muslim, Ini dia tradisi yang biasa dilakukan oleh masyarakat di Indonesia!

Ini Dia Tradisi Perayaan Idul Fitri di Indonesia!
Ini Dia Tradisi Perayaan Idul Fitri di Indonesia. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - Perayaan Idul Fitri di Indonesia jadi momen paling ditunggu yang membahagiakan bagi seluruh umat muslim, setiap tahunnya selalu digelar sejumlah tradisi yang menyenangkan dan melekat dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Tradisi perayaan idul fitri di Indonesia menjadi hal kental yang seolah wajib dilakukan dan turun temurun, berikut 8 tradisi tersebut yang mungkin juga sudah Anda nantikan di Lebaran tahun ini.

  1.       Mudik

Tidak seperti dua tahun lalu ketika kasus covid-19 di Indonesia tinggi, di tahun ini, tradisi mudik sudah boleh dilakukan masyarakat Indonesia yang disambut dengan sukacita, mudik menjadi ajang untuk melepas rindu kepada saudara jauh yang biasanya tidak ditemui di hari-hari biasa, seperti mudik di rumah nenek kakek, atau saudara di luar kota.

  1.       Opor ayam

Masakan opor ayam biasa disajikan di hari pertama dan kedua lebaran, seolah seperti ada yang kurang jika tak ada opor, biasanya dimakan bersama lontong dan ketupat. Di hari-hari akhir ramadhan menjelang Idul Fitri, penjualan bahan opor dan daging ayam biasanya meningkat drastis karena banyak masyarakat membelinya untuk memasak dalam rangka perayaan idul Fitri.

  1.       Bagi-bagi THR dan hampers

Tidak hanya para pekerja yang dapat THR, anak-anak kecil juga biasa mendapatkannya, tidak selalu soal jumlahnya berapa namun ialah uang kertas yang baru, cukup membuat anak-anak gembira. Begitu pula dengan hampers, setiap orang akan mengirimkan hampers kepada keluarga atau orang terdekatnya.

  1.       Halal bihalal

Tradisi perayaan idul fitri di Indonesia ialah halal bihalal, biasa dilakukan setelah shalat ied, cara ini dianggap bisa membuat seseorang menjadi baru, yakni dengan saling memaafkan kesalahan orang terdekatnya.

Baca Juga: Fenomena Hampers Lebaran, Kenapa Jadi Tren?

  1.       Baju baru

Baju baru juga sesuatu yang khas ketika idul fitri, terutama untuk anak-anak akan sangat senang ketika mendapatkan baju baru yang akan dipakai ketika idul fitri, sebenarnya tidak ada kewajiban memakai baju baru, hanya saja yang terbaik ialah memakai baju terbagus yang dimiliki.

  1.       Kue khas

Yakni makanan ringan yang disajikan untuk para tamu dan dinikmati ketika berkumpul bersama keluarga, kue khas yang biasanya ada diantaranya nastar, pril, lidah kucing, cookies, kue kacang, dan sebagainya sesuai dengan kesukaan dan selera.

  1.       Takbiran

Dilakukan di malam idul fitri, dilakukan dengan beramai-ramai menyebut asma Allah sambil membawa lampu kecil dan menabuh bedug sebagai tanda menyambut idul fitri.

  1.       Ziarah

Ziarah juga tradisi pada perayaan idul fitri di Indonesia, di hari pertama, biasanya sejumlah umat muslim ziarah ke makam saudaranya yang sudah meninggal dunia sebelum mengunjungi rumah saudaranya, hal untuk mendoakan mereka yang sudah tiada.

Baca Juga: 10 Tips Mudik Aman Dan Nyaman Bareng Keluarga