Ini Dia Tips Persiapan Menyambut Idul Fitri Di Rumah!

Menyambut hari raya Idul Fitri tentunya perlu persiapan yang baik. Simak tips persiapan menyambut hari raya di rumah!

Ini Dia Tips Persiapan Menyambut  Idul Fitri Di Rumah!
Ini Dia Tips Persiapan Menyambut Idul Fitri Di Rumah. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - Lebaran identik dengan sejumlah aktivitas, diantaranya ialah mudik atau berwisata dengan keluarga. Namun tidak semua melakukannya, misalnya seseorang yang saudara atau kerabat dekatnya tinggal di sejumlah lokasi yang dekat atau satu kota, atau orang tua yang menjadi tujuan kunjungan mudik anak-anaknya.

Terlebih di masa pandemi ini, ada baiknya merayakan Lebaran di rumah saja untuk mengurangi resiko tertular covid19. Nah, supaya Lebaran di rumah tetap berkesan dan menyenangkan, yuk simak tips persiapan Idul Fitri di rumah berikut ini.

  1.       Bersihkan rumah

Tips persiapan Idul Fitri atau lebaran di rumah, agar nyaman, tentunya rumah harus bersih dulu, bersihkan rumah Anda secara menyeluruh, mulai dari lantai, kaca, hingga bagian rumah yang jarang dibersihkan seperti kolong tempat tidur, dengan demikian Anda akan lebih bersemangat dan menikmati pemandangan rumah yang lebih elok.

  1.       Belanja bahan makanan

Siapkan makanan untuk keluarga atau saudara yang berkunjung, Anda bisa belanja di pasar atau penjual langganan Anda sesuai menu yang ingin Anda masak, biasanya yang jadi makanan khas Idul Fitri ialah opor ayam atau rendang.

  1.       Masak makanan khas Lebaran

Masak bahan makanan yang sudah Anda beli, setidaknya di sore hari sebelum Idul Fitri datang esok hari, Anda sudah siap dengan masakan Anda, agar esok hari bisa shalat ied dan merayakan lebaran tanpa harus buru-buru memasak.

Baca Juga: Menjadi Salah Satu Sunah Nabi, Mari Kita Mengenal Lebih Jauh Kurma Dan Manfaatnya

  1.       Siapkan kue lebaran

Persiapan Idul Fitri di rumah selanjutnya tentu menyiapkan sajian kue atau makanan ringan, yang nantinya bisa Anda nikmati ketika kumpul bersama keluarga atau untuk sajian saudara dan tamu Anda yang datang ke rumah.

  1.       Jaga kebersamaan

Eratkan hubungan dengan keluarga, siapkan acara misalnya nonton film bersama setelah makan dan shalat ied, atau jalan-jalan bersama di tempat wisata yang dekat dengan rumah Anda.

  1.       Tata ulang rumah

Sekedar mengubah tata letak perabot Anda bisa menciptakan suasana baru di hari Idul Fitri, tips persiapan Idul Fitri di rumah yang terakhir ini juga bisa memancing kreatifitas Anda untuk menata rumah, dengan demikian Anda akan menikmati suasana baru yang lebih nyaman.

Idul Fitri di rumah bukan hal yang membosankan, jangan lupa memanfaatkan momen ini untuk semakin mendekatkan diri dengan keluarga atau kerabat terdekat.

Baca Juga: Fenomena Hampers Lebaran, Kenapa Jadi Tren?