Ingin Liburan Sambil Memacu Adrenalin? Coba Rafting Di Bali!

Ingin mendapatkan momen liburan yang tidak bisa terlupakan sekaliguas bisa memacu adrenalin? Coba deh rafting (arung jeram) di Pulau Bali!

Ingin Liburan Sambil Memacu Adrenalin? Coba Rafting Di Bali!
Liburan rafting di Bali. Gambar : Unsplash.com/Dok. Jackalope West

BaperaNews - Pulau Bali termasuk tempat yang paling lengkap untuk liburan. Kenapa tidak? Mulai dari pantai, pegunungan, desa wisata hingga aktivitas yang bisa memacu adrenalin dan hal itu bisa kalian temukan di Pulau Bali. 

Terkait dengan aktivitas yang bisa memacu adrenalin di Bali, ada banyak kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan seperti mendaki gunung, bermain paralayang, hingga snorkeling. 

Tidak hanya itu loh, rafting (arum jeram) bisa menjadi kegiatan yang memacu adrenalin dan bisa kamu coba saat kamu pergi liburan ke Bali. 

Perlu kamu ketahui, Bali memiliki sederet sungai yang cocok untuk rafting dan bisa membuat jantung kamu berdegup cepat. Yakin kamu tidak mau memacu adrenalin dengan rafting di Bali? 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan bahwa kegiatan semacam ini atau wisata yang diminati banyak orang, seperti sport tourism dan sport recreation dinilai bisa mendorong kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

“Tentunya pemerintah pusat akan mendukung karena ini merupakan bagian dari kebangkitan ekonomi dan pemulihan sektor ekonomi yang berbasis kegiatan wisata, berbasis olahraga atau sport tourism,” ujar Sandiaga Uno. 

Sejumlah destinasi di Indonesia seperti Borobudur, Bintan, Singkarak, Toba, Mandalika, termasuk Bali dinilai Menparekraf mempunyai potensi yang besar untuk kebangkitan ekonomi dan pemulihan sektor ekonomi.

Oleh karena itu, tim BaperaNews.com akan memberikan sejumlah sungai yang cocok saat kamu ingin rafting di Bali. Mau tau sungai apa saja? Yuk simak lebih lanjut!

Berikut 5 sungai yang cocok untuk rafting di Bali :

  1. Sungai Ayung

Sungai Ayung merupakan sungai terpanjang di Bali. Sungai Ayung mengalir sepanjang 68,5 km. Sungai Ayung berada di Bali, Kecamatan Kintamani, Kota Sanur. 

Diakui sebagai sungai terpanjang, Sungai Ayung ini cocok untuk kamu yang ingin rafting. Selama rafting, kamu akan diperlihatkan pemandangan tebing dan air terjun alami. Dijamin nggak nyesel deh liburan kesini! 

Tidak usah khawatir, selama mengarungi sungai, kamu akan ditemani oleh pemandu yang sudah disiapkan dan tentunya sudah berpengalaman dalam hal rafting seperti ini. 

Lalu berapa harga tiketnya? Untuk merasakan rafting di Sungai Ayung, kamu bisa memesan paket perjalanan melalui jasa tour operator yang ada, seperti Bahama Rafting, Alam Tirta, dan Rafting Carangsari. Adapun tarif Sungai Ayung mulai dari Rp 400.000. 

  1. Sungai Telaga Waja

Tak kalah menantang dengan Sungai Ayung. Sungai Telaga Waja juga merupakan destinasi rafting di Bali yang seru dan tidak bisa terlupakan.

Sungai yang berada di Timur Bali ini juga akan memberikan pemandangan yang indah dan menakjubkan. Sungai Telaga Waja memiliki arus yang siap untuk memacu adrenalin

Namun, Sungai Telaga Waja berada di kelas II-IV atau rendah, maka dari itu arusnya bervariasi, tetapi masih terbilang aman untuk wisata yang ingin liburan kesana. 

Sungai Telaga Waja tidak sepanjang Sungai Ayung. Sungai ini hanya mengalir sepanjang 18 km dan menempuh waktu sekitar 2-3 jam. 

Lalu berapa harga tiketnya? Sungai Telaga Waja menyediakan harga paket yang cukup bersahabat, mulai dari Rp 350.000/orang. Harga tersebut sudah termasuk biaya antar jemput, makan siang, dan rafting di Sungai Telaga Waja. 

Baca Juga : Momen Libur Lebaran, Ini Rekomendasi Tempat Wisata Jogja Yang Wajib Dikunjungi

  1. Sungai Petanu

Sungai Petanu merupakan sungai yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali. Sungai Petanu ini memiliki panjang 46,96 km. Sungai ini juga memiliki air yang sangat jernih dan membuat orang kagum. 

Selain memiliki air yang jernih, Sungai Petanu ini memberikan medan dan memacu adrenalin bagi pecinta rafting. Namun, selama perjalanan menuju sungai, kamu akan melewati arus sungai dengan bongkahan batu besar yang menghalangi perjalanan kamu. 

Tapi jangan khawatir, meskipun banyak bongkahan batu, arus Sungai Petanu tergolong arus yang sangat tenang dan masih aman untuk melakukan rafting. 

  1. Sungai Melangit

Selain sungai-sungai yang sudah disebutkan di atas, ada lagi nih sungai lain yang cocok jadi tempat rafting di Bali yakni Sungai Melangit. 

Sungai yang berada di Desa Bakas, Klungkung, Bali memiliki jalur rafting sepanjang 7,5 km dan menempuh waktu sekitar 1,5 jam untuk bermain arung jeram di Sungai Melangit. 

Walaupun tidak terlalu panjang, Sungai Melangit menyediakan sekitar 30 slop turunan dan tinggi sekitar 3 meter, sehingga bisa memicu adrenalin kamu ketika ingin liburan kesana. 

Soal pemandangan tidak perlu diragukan lagi, sepanjang jalur rafting kamu akan melihat keindahan air terjun, hutan hujan yang begitu asri dan aktivitas warga sekitar, seperti berkebun dan memancing. 

  1. Sungai Pakerisan

Nah sungai terakhir ini hanya memiliki panjang 4,5 km saja, jadi untuk kamu yang belum melakukan rafting atau masih ragu dan takut dengan arus sungai yang deras, Sungai Pakerisan ini jadi pilihan sungai yang tepat. 

Sungai Pakerisan berada di area Istana Tampak Siring yang merupakan situs sejarah ternama di Pulau Bali. 

Buat kamu yang ingin liburan dan rafting di sungai ini, harga paket wisatanya lebih murah dari sungai-sungai yang di atas yakni mulai Rp 275.000/orang. 

Makin nggak sabar kan untuk memacu adrenalin di Bali? Dijamin deh liburan kali ini nggak bakal terlupakan. Tak hanya itu, kamu juga bisa mencari pilihan akomodasi yang beragam sesuai dengan dompet karena Bali punya segudang hotel dengan harga yang bervariasi.