Ingin Buka Puasa di MRT? Yuk Simak Dulu Aturannya

PT MRT Jakarta Perseroda mengizinkan penumpang untuk berbuka puasa di dalam MRT. Namun, terdapat aturan yang harus dipenuhi oleh penumpang. Yuk simak aturan buka puasa di MRT.

Ingin Buka Puasa di MRT? Yuk Simak Dulu Aturannya
Aturan Buka Puasa di MRT. Gambar : Dok. MRT Jakarta

BaperaNews - Sebagai bentuk dukungan kepada umat muslim yang berpuasa di ramadhan tahun 2023 ini, PT MRT Jakarta Perseroda membuat kebijakan baru yakni mengizinkan pengguna MRT berbuka puasa ketika masih berada dalam perjalanan MRT di jam buka puasa dengan syarat dan ketentuan berlaku yang tertuang dalam aturan buka puasa di MRT.

Pengguna boleh buka puasa dengan makan dan minum untuk membatalkan puasa ketika berada di ratangga atau area berbayar seperti peron maupun ketika di area beranda peron tidak berbayar mengingat bagi umat muslim diwajibkan membatalkan puasanya ketika waktu buka puasa tiba.

Kebijakan ini disampaikan pada Kamis (23/3). Namun, ada sejumlah aturan yang perlu dipahami pengguna MRT selama berbuka puasa di kawasan MRT demi kenyamanan dan ketertiban bersama.

Baca Juga : PT KAI Izinkan Penumpang Buka Puasa di KRL Selama Ramadhan 2023

Berikut aturan yang harus dipenuhi selama jam buka puasa di MRT dan kawasannya.

Aturan Buka Puasa di MRT :

  1. Boleh membatalkan puasa dengan minum air putih dan kurma maksimal 10 menit setelah adzan maghrib ketika berada di ratangga atau area berbayar.
  2. Pengguna dilarang buka puasa dengan minuman selain air putih baik itu teh, kopi, sirup, atau soda dilarang serta makan makanan selain kurma.
  3. Masker boleh dibuka sementara ketika berbuka dan dipakai kembali setelah buka puasa selesai.
  4. Selama membuka masker, wajib untuk menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan tidak berbicara dengan orang lain baik itu satu arah atau dua arah.
  5. Pengguna wajib tetap menjaga kebersihan ratangga dan area stasiun semuanya dengan membawa sampah masing-masing.
  6. Pastikan makanan maupun minuman tidak tercecer di dalam gerbong kereta maupun stasiun, sampah wajib dibuang di tempatnya.

Petugas MRT akan memberitahu pengguna jika waktu buka puasa telah tiba, waktu buka puasa maksimal sampai 1 jam setelah jam buka puasa. Pengguna diharapkan memahami dan mengerti aturan buka puasa di MRT ini untuk kenyamanan dan ketertiban bersama.

Jadi Anda yang terbiasa naik MRT, boleh membawa air putih dan kurma untuk persediaan jika harus berbuka puasa ketika dalam perjalanan atau berada di Stasiun MRT. Dilarang membawa makanan atau minuman apapun selain air putih dan kurma. Pastikan selalu menjaga kebersihan dan ketertiban ya.

Baca Juga : Doa Berbuka Puasa Ramadhan yang Benar, Lengkap dengan Artinya