Indonesia Kirim 476 Atlet dari 31 Cabor ke SEA Games Hanoi

Menpora Zainudin Amali, mengumumkan indonesia akan mengirimkan 476 atlet dari 31 cabang olahraga/cabor yang akan berangkat ke SEA Games 2021 (2022) ke Hanoi, Vietnam pada hari Rabu 30 Maret 2022.

Indonesia Kirim 476 Atlet dari 31 Cabor ke SEA Games Hanoi
Menpora Zainudin Amali umumkan 31 cabor yang berangkat ke SEA Games Hanoi 2022. Gambar : Dok. Kemenpora

BaperaNews - Menpora Zainudin Amali, mengumumkan ada 31 cabang olahraga / cabor yang akan berangkat ke SEA Games 2021 (2022) ke Hanoi, Vietnam pada hari Rabu 30 Maret 2022. Dari sejumlah cabang olahraga / cabor tersebut, di dalamnya ada 476 atlet yang berangkat, proporsi atlet yang berangkat ialah 60% junior dan 40% senior.

Adapun SEA Games Hanoi 2021 akan mempertandingkan 40 jenis cabang olahraga / cabor dengan kata lain, ada 8 cabang olahraga / cabor yang tidak diikuti oleh Indonesia, diantaranya panjat dinding. Keputusan untuk mengirim 31 cabang olahraga / cabor ini, lanjut Amali ialah proses yang panjang, dimana Menpora sebelumnya mendapat laporan dari tim review Penentuan cabang olahraga / cabor SEA Games yang dipimpin oleh Ahmad Asnawi.

“Sekarang kita berubah, saya rasa 31 cabang olahraga / cabor tersebut sudah berhadapan dengan tim review jadi seobjektif mungkin saya hanya menerimanya. Presiden Jokowi meminta saya untuk ubah paradigm, ekosistem olahraga, sebabnya dalam mengirim kontingen ke luar negeri bukan hanya KONI tapi juga KOI” ujarnya.

Baca Juga : Microsoft Resmi Hadirkan Preview PC Game Pass di Indonesia!

Jumlah kontingen yang dikirim memang menurun jika dibandingkan dengan tahun 2019 dan potensi perolehan medali emas Indonesia berkurang 30 keping, namun menurut Amali, akan ada cabang olahraga / cabor lain yang menutup kekurangan tersebut. “Kita kehilangan potensi 30 emas tapi semoga ada lumbung medali emas lainnya, targetnya apa? Target kita olimpiade peringkat dunia, SEA Games itu sasaran atlet kita agar lolos ke Olimpiade” jelasnya.

Daftar cabang olahraga / cabor yang berangkat ke SEA Games Hanoi 2021 (2022) ialah : angkat besi, atletik, balap sepeda, bulu tangkis, dayung, karate, tembak, panah, pencak silat, renang, senam, taekwondo, wushu, tinju, voli pantai, voli indoor, booking, catur, jujitsu, catur, judo, sepak takraw, kick boxing, sepakbola putra, esport, anggar, basket, gulat, selam, kofina, dan golf.

Total atlet yang dikirim ke SEA Games sebanyak 476, official ada 207, tenaga pendukung 55 dengan total semuanya 738.

Menpora juga menegaskan semua atlet yang dating ditargetkan emas. “Saya sampaikan tidak ada target di SEA Games, jadi kami harap 72 medali emas yang tahun 2019 lalu kita dapatkan bisa kita pertahankan. Yang tidak saya target itu peringkat, tapi emas harus, jadi semua yang lolos review punya target emas, masing-masing, semua atlet targetnya emas” tutupnya.

Baca Juga : PSI Soroti Target Penonton Formula E Merosot dari 90 Ribu ke 10 Ribu