Indonesia Kalah Saat Debut di Kualifikasi Piala Dunia FIBA

Timnas Basket Indonesia kalah saat debut di ajang kualifikasi piala dunia FIBA, kalah dari lebanon 38-96. Timnas begitu kesulitan dengan pertahanan lebanon

Indonesia Kalah Saat Debut di Kualifikasi Piala Dunia FIBA
Pelatih TImnas Basket Indonesia Rajko Toroman. Gambar : Bola.com/M Iqbal Ichsan

BaperaNews - Pada debut yang dilakukan oleh Tim Nasional Bola Basket Indonesia harus menelan kekalahan saat melawan Lebanon dengan skor 38 – 96 dalam kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023 zona Asia yang diselenggarakan di Gelanggang Olahraga Nouhad Nawfal, Zouk Mikael, Lebanon pada hari Sabtu, 27 November 2021.

Tim Nasional Indonesia merasa kesulitan saat mengupayakan serangan demi serangan karena sistem pertahanan Lebanon yang kuat. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi Rajko Toroman sebagai pelatih untuk terus mengembangkan pola pertahanan dan serangan anak – anak asuhnya tersebut.

Pemain dengan pencetak poin terbanyak bagi Tim Nasional Indonesia adalah Brandon Jawato dengan total poin mencapai 13 poin dan 8 rebound. Kemudian di peringkat 2 ada Abraham Damar Grahita yang mampu menyumbangkan poin sebanyak 11 poin untuk Indonesia.

Dari keseluruhan permainan yang ditunjukkan oleh Tim Nasional Indonesia, terlihat begitu mencolok rendahnya tingkat akurasi tembakan. Fakta ini bisa dilihat langsung dari tembakan yang dilakukan oleh empat pemain tak kunjung membuahkan hasil poin.

Berbanding terbalik dengan tim lawan yang sekaligus menjadi tuan rumah. Penampilan terbaiknya sudah ditunjukkan dari awal pertandingan. Yang mana pihak lawan juga sudah memimpin dari babak awal dengan perolehan skor 48 – 22 hingga kuarter kedua selesai. Mereka juga terlihat tampil dengan percaya diri. Total 12 pemain Lebanon yang turut bermain, setidaknya 10 pemainnya berhasil menyumbangkan poin dan hanya 2 pemain saja yang gagal.

Seorang talenta muda bernama Yousef Khayat yang berumur 18 tahun juga turut mencatatkan performa yang baik dengan menyumbangkan 12 poin bagi Lebanon dalam waktu 13 menit saja. Kesulitan Tim Nasional Indonesia saat menghadapi Lebanon ini salah satunya dikarenakan ada beberapa pemain yang absen.

Pemain tersebut adalah pemain naturalisasi Lester Prosper dan pemain kawakan Arki Dikania Wisnu. Pertandingan melawan Lebanon akan berlangsung kembali pada hari Senin, 29 November 2021 mendatang sebagai pertandingan kedua Grup C dan dilokasi yang sama. Ini akan menjadi momen yang sangat menarik. Apakah Indonesia mampu belajar dari kekalahan sebelumnya atau tidak? Mari kita saksikan bersama – sama.