Imlek 2023: Ribuan Lampion Hiasi Solo Jelang Cap Go Meh

Jelang hari raya tahun baru Imlek 2023 terdapat ribuan lampion yang menghiasi kawasan Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah untuk memeriahkan perayaan Cap Go Meh.

Imlek 2023: Ribuan Lampion Hiasi Solo Jelang Cap Go Meh
Perayaan Imlek 2023 di Solo dihiasi ribuan lampion jelang Cap Go Meh. Gambar : travel.tempo.co

BaperaNews - Jelang Hari Raya Imlek 2023, perayaan Cap Go Meh di kawasan Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah dihiasi oleh ribuan lampion dari Jalan Jendral Sudirman hingga Jalan Urip Sumoharjo, yang mulai menyala pada pukul 18.00 WIB.

Adapun sejumlah rekayasa lalu lintas juga diterapkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, jalan tersebut bakal ditutup mulai pukul 19.00 hingga 23.00 WIB.

Pemasangan hiasan lampion Cap Go Meh di Solo ini berlangsung sejak 10 Januari hingga 5 Februari mendatang. Sumartono, selaku ketua Panitia Imlek 2023, mengkonfirmasi hal tersebut.

"Lampion-lampion itu akan menghiasi Jalan Urip Sumoharjo atau kawasan Pasar Gede dan Jalan Jenderal Sudirman di kawasan Bundaran Gladag hingga Balai Kota Surakarta. Lampion itu akan menghiasi jalanan dan sebagai upaya menjadikan Kota Solo sebagai Kota Wisata. Nanti Lampion bakal menyala selama satu bulan, sebelum dan sesudah puncak Imlek" kata Sumartono.

Baca Juga : Jelang Imlek 2023, Inilah Lokasi dan Jadwal Nonton Pertunjukan Barongsai

Perayaan Imlek di Solo tahun ini lebih meriah daripada tahun lalu yang sempat terhalang oleh wabah Covid-19.

Kemeriahan Imlek di Pasar Gede dilangsungkan dengan memasang 5.000 lampion warna merah dan kuning, ditambah 12 Shio, lampion Kelinci sebagai maskot, lampion Dewa Rejeki, barongsai, Jileyhud, lampion lilin, dan Gapura Imlek di kawasan Pasar Gede Solo.

Perayaan Cap Go Meh di Solo tidak hanya dimeriahkan oleh terang dari lampion, namun juga jajanan UMKM dan pesta kembang api yang rencananya akan mulai dinyalakan pada Sabtu (21/1) malam tepatnya pukul 00.00 WIB di Plaza Balai Kota Solo sampai Minggu (22/1) pukul 00.25 WIB.

Sebagai informasi, Cap Go Meh diartikan sebagai 15 malam atau 15 hari setelah Tahun Baru Imlek. Cap Go Meh kerap kali disebut sebagai festival lampion, hal ini dilakukan sesuai kepercayaan China, melepaskan lampion ke udara maka artinya melepaskan nasib buruk dan menyambut nasib baik di masa mendatang.

Baca Juga : Pemerintah Indonesia Tetapkan 23 Januari Cuti Bersama Imlek