Imigrasi Akan Rilis Visa Olahraga Khusus Suporter Internasional

Dirjen Imigrasi Silmy Karim akan meluncurkan visa baru berupa visa olahraga untuk mempermudah suporter olahraga internasional datang ke Indonesia.

Imigrasi Akan Rilis Visa Olahraga Khusus Suporter Internasional
Visa Olahraga Khusus Suporter Internasional Akan Segera Dirilis. Gambar : Dok. BTN

BaperaNews - Dirjen Imigrasi Silmy Karim menyebut pihaknya sedang siapkan visa baru berupa visa olahraga untuk mempermudah suporter internasional ke Indonesia ketika mendukung klub idamannya berlaga. Akan dicari waktu yang tepat untuk launching visa olahraga tersebut.

“Kita akan keluarkan beberapa visa baru, sudah ditandatangani Pak Menteri sebenarnya, tapi akan dicari dulu waktu yang tepat untuk launching. Salah satunya ialah visa olahraga. Misalnya ada laga di Indonesia, mereka para suporter dari luar negeri bisa lebih mudah” tutur Silmy Karim, pada Minggu (5/3).

Kemudahan tersebut untuk mendukung suporter internasional datang ke Indonesia ketika ada event olahraga di Indonesia, hal ini juga bermanfaat untuk menambah income Indonesia dari pariwisata di bidang kegiatan olahraga.

“Jadi kenapa kita beri kemudahan? namanya Indonesia jadi tempat event besar seperti F1, DDIA U-20, GP, dan lainnya. Misalnya suporter bingung nanti bisa menghambat mereka datang ke Indonesia, Indonesia bisa kehilangan moment untuk mendapat income, jadi kegiatan olahraga internasional ini akan dipermudahkan bagi suporter dengan visa sport” lanjut Silmy Karim.

Selain mempermudah suporter olahraga internasional datang ke Indonesia, visa sport juga diklaim akan mendukung image baik dari turis asing untuk Indonesia. “Nantinya kalau olahragawan mendaftar, kan mudah juga imagenya, dari luar negeri bisa online, itu salah satunya, tinggal tunggu tanggal mainnya” terang Silmy Karim.

Baca Juga : Daftar 20 Negara Lolos Piala Dunia U-20 Indonesia 2023

Visa olahraga dan visa terbaru lainnya rencana akan diluncurkan pertengahan Maret 2023 ini, saat ini sedang diatur di sistem supaya pendaftar mudah untuk apply. Sebelum 100 hari kerja akan diluncurkan visa baru ke luar negeri.

“Dalam waktu dekat, bulan Maret 2023 ini. Ini sedang diatur di sistem supaya mudah orang yang mau apply. Jadi di bulan ini sebelum 100 hari ada beberapa visa baru yang akan kita luncurkan untuk turis asing” pungkas Silmy Karim.

Diketahui Indonesia akan menjadi lokasi event-event olahraga internasional seperti Piala Dunia U-20. Tentunya di event tersebut akan banyak suporter internasional yang butuh kemudahan dalam pengurusan visa selama mendukung tim idolanya berlaga.

Dengan visa sport tersebut, diharapkan bisa menarik lebih banyak suporter olahraga internasional untuk datang dimana para suporter tidak hanya menonton olahraga namun secara langsung juga akan berwisata di Indonesia.

Baca Juga : Piala Asia 2023 Resmi Digelar 12 Januari 2024 di Qatar