Imbas Kelangkaan BBM, SPBU di Sumut Dipadati Kendaraan

Akibat kelangkaan BBM, SPBU di wilayah Sumatra Utara dipadati kendaraan. DPRD Sumut meminta klarifikasi kepada PT Pertamina terkait dengan masalah tersebut.

Imbas Kelangkaan BBM, SPBU di Sumut Dipadati Kendaraan
news.detik.com

BaperaNews - Terjadi kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) di beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Sumatera Utara yang menyebabkan antrian panjang kendaraan.

Hal tersebut membuat DPRD Sumut meminta klarifikasi kepada PT Pertamina terkait dengan masalah tersebut.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, terlihat bahwa bus dan truk yang mengantri panjang untuk dapat mengisi BBM pada sejumlah SPBU di di Jalan Sisingamangaraja, Medan.

Bahkan, antrian tersebut sampai melebar ke badan jalan yang menyebabkan terjadinya kemacetan arus lalu-lintas.

Di Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang juga terdapat beberapa SPBU yang mengalami kehabisan stok BBM seperti Pertalite, Pertamax, dan juga Solar. Kondisi serupa juga terjadi di Jalan Menteng Raya, Jalan Denai, Jalan Bridgjen Katamso, dan Jalan Tanjung Morawa.

Bahkan terjadi antrian panjang sejak pagi hingga malam hari di SPBU Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang. Terlihat banyak sekali warga yang mengantri sembari membawa jerigen untuk dapat mengamankan stok BBM.

Ina yang merupakan salah satu warga disana mengaku bahwa sangat susah untuk dapat mencari bensin, ia sampai membawa jerigen ke SPBU. Ina mengaku bahwa ia telah mengantri sejak siang, namun ia masih belum kebagian bensin.

Bahkan di SPBU sepanjang Jalan Lintas Medan - Binjai mengalami kekosongan BBM dan para petugas disana memasang papan informasi yang memberitahukan jika BBM jenis Pertalite dan Pertamax kosong.

Kondisi tersebut membuat banyak para pengendara kecewa, bahkan beberapa pengendara motor pun terpaksa untuk mengisi bensin eceran di pinggir jalan. DPRD Sumut pun akan meminta keterangan atas situasi yang terjadi ke pihak Pertamina. 

Pada Kamis (14/10/2021), Baskami menyampaikan bahwa pihaknya telah diperintahkan ke Komisi B agar segera mengundang pihak Pertamina terkait mengapa dapat terjadi kelangkaan BBM. Ia berharap dapat dilakukan pada minggu ini.

Baskami juga mengaku bahwa ia telah melakukan pengecekan langsung ke lapangan, dan hasilnya banyak sekali SPBU yang mengalami kekosongan stok BBM. Bahkan di beberapa SPBU terjadi antrian kendaraan yang sangat panjang hanya untuk mendapatkan BBM.

Selain itu,  Zeira Salim Ritonga selaku Wakil Ketua Komisi B DPRD Sumut telah menghimbau kepada PT Pertamina agar peristiwa kelangkaan BBM ini tidak dijadikan alasan untuk pihaknya menaikkan harga BBM.

Taufiqurrahman selaku Manager Communication Relations & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga mengaku masalah pengisian BBM ke SPBU ini telah teratasi.

Pada Kamis (14/10/2021), ia menyampaikan bahwa saat ini kondisi sudah aman karena tanker yang mengangkut BBM telah bersandar kemarin.