Hotel Terapung KM Kelud Sediakan 1.500 Tempat Tidur Untuk Wisatawan MotoGP

Menjelang ajang balap MotoGP Mandalika, hampir semua akomodasi di area sekitar Mandalika diserbu wisatawan, tapi tak perlu khawatir karena hotel terapung KM Kelud sediakan ribuan tempat tidur!

Hotel Terapung KM Kelud Sediakan 1.500 Tempat Tidur Untuk Wisatawan MotoGP
Hotel Terapung KM Kelud Sediakan 1.500 Tempat Tidur Untuk Wisatawan MotoGP. Gambar: Antara/ Dok. Kemenhub

BaperaNews - Untuk para penonton Pertamina International Grand Prix of Indonesia yang belum mendapatkan akomodasi dapat memanfaatkan hotel terapung KM Kelud.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu M Faozal, memastikan kesiapan  KM Kelud sebagai  hotel terapung dengan 1.500 tempat tidur siap melayani penonton Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022. Ajang adu balap dunia tersebut akan digelar 18-20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah.

Hotel terapung itu mempunyai kapasitas hingga 2.000 penumpang  dan berlabuh di Dermaga Gili Mas, Kecamatan Lembar, Lombok Barat.

Hal tersebut disampaikan Faozal kepada wartawan usai Media Briefing Media Center Indonesia, di Hotel Astorio, Kota Mataram, NTB, Rabu (16/3/2022).

"Masyarakat yang sudah melakukan vaksin lengkap dan memiliki tiket MotoGP dapatmenginap di KM Kelud," kata Faozal.

KM Kelud merupakan kapal dengan tipe 2.000 penumpang yang dapat menyediakan tempat tidur untuk sekitar 2.000 orang. Namun yang akan digunakan dalam menjalani penugasan hotel terapung disiapkan sebanyak 1.500 bed dengan fasilitas musala dan kantin.

Dalam layanan hotel terapung itu tidak menyediakan fasilitas sarapan, namun masyarakat dapat membelinya melalui kantin di atas kapal. Tersedia pula Shuttle Service Gili Mas – Mandalika pukul 06.00-12.00 Waktu Indonesia Tengah (WITA). Mandalika - Gili Mas pukul 12.00-06.00 WITA, periode waktunya sejak 17-21 Maret 2022.

Selain KM Kelud, Dishub NTB juga menyiapkan 281 bus gratis untuk para penonton MotoGP.

Baca Juga: Top 3 Sports, Marc Marquez Puji Jokowi, Juventus Hancur di Liga Champions

Menurut Faozal,  saat ini terdapat 82 bus yang masuk Mataram dan langsung di tempatkan di pos masing-masing. Selanjutnya, terdapat 201 bus yang masuk ke  sehingga jumlah keseluruhan  283 bus.

Dia merinci dari 283 bus itu masing-masing disiapkan di eks Bandara Selaparang Mataram sebanyak 92 unit terdiri atas bus sedang, dan 10 bus berkapasitas 40 penumpang.

Selanjutnya di Bandara International Zainuddin Abdul Madjid (Bizam) sebanyak 27 unit, di Pelabuhan Kayangan 30 unit dengan kapasitas 18 kursi.

Untuk di Kayangan juga tersedia mobil HIC elf berbayar. Termasuk di Pelabuhan Lembar atau Gili Mas sebanyak 92 bus sedang dan Pelabuhan Bangsal sebanyak 42 mini bus.

Faozal menegaskan, syarat untuk masuk kawasan Mandalika adalah memiliki tiket MotoGP, punya aplikasi PeduliLindungi.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi NTB menegaskan bahwa H-3 jelang perhelatan MotoGP Mandalika 2022, pelaksanaan terkait manajemen dan rekayasa lalu lintas dan moda transportasi sudah dinyatakan siap.

Hal ini disampaikan  Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi NTB,  Moh. Husni saat menghadiri Rapat Koordinasi dan Evaluasi Persiapan Pelaksanaan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas dan Manajemen Moda Transportasi Mendukung Pelaksanaan Event MotoGP 2022 di Gedung Sangkareang Kantor Gubernur  NTB, Mataram, Selasa (15/3/2022).

Baca Juga: Usai Parade MotoGP Di Jakarta, Marc Marquez Dkk Tiba Di Lombok