Heboh Konvoi Mobil Mewah di Jalan Tol Andara, Kok Gak Kena Tilang Polisi? Ini Alasannya!

Heboh soal konvoi mobil mewah yang sengaja berhenti di jalan Tol Andara dan mengakibatkan kemacetan, Polisi pun hanya melakukan peneguran tanpa penilangan.

Heboh Konvoi Mobil Mewah di Jalan Tol Andara, Kok Gak Kena Tilang Polisi? Ini Alasannya!
Konvoi mobil mewah di Jalan Tol Andara. Gambar: Okeline.com

BaperaNews - Pengendara yang melakukan konvoi dengan mobil mewah sengaja berhenti di jalan Tol Andara Km 02+400 (Jalan Tol Depok-Antasari), Jakarta Selatan dan melakukan sesi dokumentasi sehingga mengakibatkan kemacetan dan ditindak pihak kepolisian.

Kasat Patroli Jalan Raya Polda Metro Jaya Kompol Sutikno menyampaikan bahwa pihaknya hanya memberi teguran. Hal ini pun menciptakan tanda tanya di kalangan masyarakat.

Sutikno menjelaskan bahwa para pelaku konvoi tersebut sudah mau bubar jadi pihaknya hanya memberikan teguran kepada pengendara konvoi.

"Ditegur (saja) karena memang begitu polisi datang, udah mau membubarkan diri," kata Sutikno saat dihubungi awak media melalui sambungan telepon, Minggu (23/1) sore.

Sutikno menyampaikan bahwa jumlah mobil mewah yang konvoi dan berhenti di jalan tol tersebut sekitar 7 unit. Menurutnya, mereka hanya berhenti sebentar untuk berfoto.

Sutikno juga menjelaskan bahwa pengendara konvoi mobil mewah itu melanggar lalu lintas karena tidak diizinkan berhenti di jalan tol.

Dia juga menyebutkan bahwa mereka bisa saja terkena pasal Undang-Undang Lalu Lintas. Karena para pengendara melanggar ketentuan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol

Meski demikian, polisi tidak memberikan sanksi kepada para pengendara konvoi mobil mewah tersebut. Pihak kepolisian hanya memberikan teguran lantaran para pengendara kooperatif saat diminta untuk membubarkan diri.

"Harusnya kena (tilang), cuma karena tadi kooperatif, menurut (saat) diarahkan,” ujar Sutikno

Oleh karena itu, para pengendara mobil mewah itu hanya diberikan teguran.

"Ditegur (saja), karena memang begitu polisi datang, sudah mau membubarkan diri," ujar Sutikno. "Yang penting tidak mengulangi lagi," sambungnya.

Sebelumnya diketahui, melalui akun Instagram resmi @tmcpoldametro tampak Petugas Patroli Jalan Raya (PJR) membubarkan konvoi mobil mewah di jalan tol Andara, Jakarta Selatan, pada Minggu (23/1) pagi. Para pengendara konvoi mobil mewah berhenti untuk keperluan sesi dokumentasi.

"(Mereka) sedang melaksanakan dokumentasi di dalam tol, sehingga mengganggu pengguna jalan yang lain," ujar Sutikno.

Menurut petugas rombongan ini sempat melakukan foto-foto yang menyebabkan arus lalu lintas di dalam tol tersebut sempat terhambat karena konvoi mobil-mobil mewah yang berhenti menghalangi arus kendaraan lain.

Baca Juga: Polisi Bubarkan Konvoi Mobil Mewah di Jalan Tol