Hebat! Petugas Damkar Jakarta Berhasil Raih Juara Kompetisi di Singapura

Petugas pemadam kebakaran (damkar) DKI Jakarta (Gulkarmat) meraih Juara I pada kategori Braveheart Team Challenge di Singapura.

Hebat! Petugas Damkar Jakarta Berhasil Raih Juara Kompetisi di Singapura
Hebat! Petugas Damkar Jakarta Berhasil Raih Juara Kompetisi di Singapura. Gambar : Instagram/@humasjakfire

BaperaNews - Petugas pemadam kebakaran (damkar) dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta (Gulkarmat) meraih prestasi membanggakan dalam Singapore-Global Firefighters and Paramedics Challenge (SGFPC) 2023.

Kompetisi internasional ini diselenggarakan oleh Singapore Civil Defence Force (SCDF) dan diikuti oleh 14 negara, termasuk Indonesia.

Pada 24-25 November 2023, di Singapore Expo Hall 3, perwakilan Indonesia berhasil mengukir prestasi gemilang.

Fadila Bunyamin, sebagai perwakilan Indonesia, meraih Juara I pada kategori Braveheart Team Challenge. Prestasi lain datang dari Budi Paryono dan Andi Putra Erlambang yang berhasil memperoleh Juara IV pada kategori yang sama.

Tidak hanya meraih prestasi individual, Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta juga meraih penghargaan tim dengan kemenangan Best Resource Application dan Best Safety Application yang diterima oleh Budi Paryono dan Andi Putra Erlambang. Selain itu, mereka juga meraih medali penghargaan Best Planning Team yang diraih oleh Fadila Bunyamin.

SGFPC merupakan ajang kompetisi internasional yang menguji kemampuan petugas pemadam kebakaran, penyelamat, dan paramedis dalam menghadapi berbagai tantangan.

Melibatkan negara-negara seperti Singapura, Malaysia, Indonesia, dan lainnya, kompetisi ini memberikan wadah bagi para profesional ini untuk berkompetisi sekaligus bertukar pengalaman.

Baca Juga : PLN Raih 5 Penghargaan Power & Eenergy Awards 2023

Kepala Sektor Pasar Minggu, Suhudi, yang juga bertindak sebagai pembina dan pelatih tim, menyatakan rasa syukur karena meskipun latihan intens dilakukan dalam waktu singkat, mereka berhasil menyelesaikan tugas dengan baik.

"Berkat semangat dan kerja keras para atlet, akhirnya kita dapat melaksanakan tugas dengan baik dan dapat kembali ke Jakarta dalam kondisi sehat dan selamat," ujar Suhudi.

Kepala Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, turut menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya kepada seluruh petugas Pemadam Jakarta yang telah berjuang dan memberikan usaha terbaik dalam SGFPC 2023.

"Saya, sebagai perwakilan Pemadam Jakarta, mengucapkan terima kasih kepada para atlet yang telah bertanding dan berjuang meraih prestasi untuk Jakarta dan Indonesia," tambah Satriadi.

Ia juga mengungkapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan semua pihak yang memberikan dukungan, baik secara moral maupun materi.

"Saya juga memberikan pesan kepada seluruh jajaran Pemadam Jakarta agar pencapaian prestasi ini menjadi pemicu untuk meningkatkan kinerja Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta," pungkasnya.

Sebelumnya, petugas pemadam kebakaran Jakarta kembali menarik perhatian publik melalui kejadian di sekolah.

Sebuah video di TikTok menunjukkan momen ketika petugas damkar membantu seorang siswi yang tangannya tersangkut di pintu sekolah. Kejadian tersebut memperoleh apresiasi dari warganet, yang menyaksikan video tersebut lebih dari 5,2 juta kali dalam tiga hari.

Baca Juga : Kerajaan Inggris Beri Penghargaan untuk BLACKPINK, Ini Maknanya!