Hebat! Kini ChatGPT Bisa Ketik Teks Jadi Video

OpenAI menghadirkan Sora, platform canggih yang dapat mengubah teks menjadi video secara otomatis. Pelajari selengkapnya di sini!

Hebat! Kini ChatGPT Bisa Ketik Teks Jadi Video
Hebat! Kini ChatGPT Bisa Ketik Teks Jadi Video. Gambar : Dok.trustedviews

BaperaNews - OpenAI, perusahaan di balik penciptaan ChatGPT, telah meluncurkan platform baru bernama Sora. Platform ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk mengubah teks menjadi video secara otomatis. Mirip dengan DALL-E yang menciptakan gambar, Sora mampu menerjemahkan perintah teks (prompt) menjadi klip video definisi tinggi.

Cara kerja Sora cukup sederhana. Pengguna hanya perlu menulis adegan yang diinginkan, dan Sora akan menghasilkan klip video berdasarkan teks tersebut. Sora juga dapat memperpanjang video yang sudah ada, mengisi frame yang kosong, dan menciptakan video berdasarkan gambar.

Namun, perlu diperhatikan bahwa saat ini Sora hanya mampu membuat video dengan durasi maksimal satu menit.

Dalam pengumuman resminya, OpenAI menjelaskan bahwa Sora berfungsi sebagai fondasi untuk model AI yang dapat memahami dan menciptakan simulasi dunia nyata.

Namun, saat ini Sora hanya tersedia untuk kelompok kecil yang disebut sebagai "red teamers", yang bertugas sebagai penguji "keselamatan" untuk mencari celah dalam model Sora yang dapat dieksploitasi untuk menciptakan misinformasi dan bias.

Kehadiran Sora merupakan bagian dari upaya OpenAI untuk mencapai "multimodality", yaitu membuat model AI yang dapat menggabungkan teks, gambar, dan video. Video adalah tahap selanjutnya dari pengembangan layanan AI generatif, setelah chatbot dan pencipta gambar.

Baca Juga: OpenAI Luncurkan DALL-E 3, Bisa Buat Gambar Via ChatGPT

Sebelum Sora, perusahaan teknologi lain juga telah meluncurkan platform AI serupa. Google, misalnya, meluncurkan platform video bernama Lumiere pada bulan Januari. Amazon juga memiliki platform serupa yang dikenal dengan nama Create di Alexa, yang digunakan untuk menciptakan video animasi pendek untuk anak-anak.

Selain itu, ada juga produk bernama Stable Video Diffusion hasil karya startup bernama Stability AI.

Meskipun teknologi teks jadi video di ChatGPT menawarkan berbagai keunggulan, kemunculannya juga menimbulkan kekhawatiran terkait peredaran deepfake. Deepfake adalah konten buatan AI yang sangat menyerupai gambar, suara, dan video asli.

Menurut Clarity, jumlah deepfake yang beredar di internet telah meningkat delapan kali lipat dalam setahun terakhir. Oleh karena itu, OpenAI menyatakan bahwa mereka telah membangun "detection classifier" untuk mengidentifikasi klip video buatan Sora. Selain itu, video buatan Sora juga ditanami metadata sehingga bisa dikenali sebagai konten buatan AI.

Baca Juga: Tak Jadi Dipecat, Sam Altman Kembali Jadi CEO OpenAI