Hasil Pertandingan Piala AFF 2022, 9 Januari: Indonesia Gagal Melaju Final Piala AFF 2022!

Hasil pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1) antara Indonesia vs Vietnam berakhir dengan skor 0-2. Hasil tersebut membuat Indonesia gagal masuk final Piala AFF 2022.

Hasil Pertandingan Piala AFF 2022, 9 Januari: Indonesia Gagal Melaju Final Piala AFF 2022!
Hasil pertandingan Piala AFF 2022. Gambar : Instagram/@pssi

BaperaNews - Mimpi Timnas Indonesia untuk angkat trofi juara Piala AFF 2022 telah hilang. Sebab, hasil pertandingan Indonesia vs Vietnam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022 tadi malam, Indonesia kalah telak 0-2 dari Vietnam. 

Sudah dipastikan bahwa Indonesia gagal masuk final Piala AFF 2022. Laga Indonesia vs Vietnam dilaksanakan pada Senin (9/1) pukul 19.30 WIB di Stadion My Dinh Hanoi. Gol Vietnam dicetak oleh Nguyen Tien Linh di menit ke 3 dan 47.

Hasil Pertandingan Indonesia Vs Vietnam pada Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2022

Laga berjalan penuh kontroversi. Vietnam menekan Indonesia sejak babak pertama, secara cepat alurkan bola dari kaki ke kaki, hasilnya, Vietnam langsung bisa cetak gol pertamanya di menit ke-3, dengan tendangan panjang oleh Tien Linh yang mampu dimanfaatkan dengan baik, pertahanan Indonesia kosong di sisi dekat gawang, Vietnam cetak gol dengan mudah. Vietnam unggul 1-0.

Indonesia berusaha tidak terpengaruh telah kebobolan 1 gol, berusaha membuat serangan, namun masih sulit untuk menembus kotak penalti Vietnam.

Peluang muncul di menit ke-24, Dendy Sulistyawan hampir membuat gol, ia disikut oleh pemain Vietnam, namun anehnya, insiden tersebut tidak dianggap pelanggaran! seharusnya Indonesia mendapat penalti!.

Insiden kembali terjadi di menit ke-34, antara pemain Indonesia Saddil Ramdani dan pemain Vietnam Doan Van Hau, Van Hau terus mengganggu dan memprovokasi Indonesia.

Baca Juga : 4 Hal Menarik di Semifinal Piala AFF 2022

Laga keras berlangsung, sering terjadi pertengkaran, Indonesia sendiri masih sulit menembus pertahanan Vietnam. Skor 1-0 untuk Vietnam bertahan hingga babak pertama berakhir.

Awal babak kedua, Indonesia kembali mendapat mimpi buruk, gawangnya kembali kebobolan juga oleh Nguyen Linh tepatnya di menit ke-47 dengan tendangan sepak pojok. Indonesia tertinggal 0-2 dari Vietnam.

Indonesia tidak tinggal diam, terus berusaha mencari peluang untuk memperkecil tendangan, Marc Klok hampir bisa membuat gol dengan tendangan bebas namun sayangnya masih bisa diamankan kiper Vietnam.

Indonesia melakukan pergantian pemain, meski begitu, hingga babak kedua berakhir, masih belum bisa mencetak gol. Vietnam unggul dan menang 2-0 hingga akhir laga.

Alhasil Indonesia gagal masuk final Piala AFF 2022. Indonesia selanjutnya berlaga di perebutan juara ketiga, dengan tim yang kalah agregat gol antara Thailand vs Malaysia.

“Saya sangat menyesal dan minta maaf atas hasil ini kepada para penggemar Timnas Indonesia, masih banyak yang harus saya lakukan untuk memajukan sepakbola Indonesia” tutur pelatih Shin Tae Yong usai laga.

Pencapaian di tahun ini memang menurun, di Piala AFF edisi sebelumnya, Indonesia berhasil melaju ke babak final melawan Thailand, meski akhirnya kalah, namun Indonesia bisa menjadi Juara 2 di edisi tersebut.

Baca Juga : Baru Saja Gabung Di Al Nassr, Ronaldo Langgar Aturan Kumpul Kebo Di Arab Saudi