Hari Batik Nasional, Berikut Daerah Penghasil Batik Di Indonesia

Batik menjadi warisan budaya Indonesia yang diakui dunia lewat UNESCO, Simak daerah penghasil batik dan terkenal hingga ke mancanegara. 

Hari Batik Nasional, Berikut Daerah Penghasil Batik Di Indonesia
4 daerah penghasil batik terbesar di Indonesia. Gambar : Pexels.com/Dok. John Bastian

BaperaNews - Indonesia mempunyai warisan seni budaya yang begitu beragam dan hingga saat ini masih dilestarikan. Salah satu warisan nya adalah batik. Batik sampai saat ini masih menjadi ikon Negara Indonesia yang banyak dikenal oleh mancanegara.

Sebab, batik memiliki makna motif tersendiri yang menunjukkan karakteristik dari mana batik tersebut dibuat. Indonesia memiliki sejumlah daerah yang menghasilkan batik dan terkenal hingga ke mancanegara. 

Diketahui, batik telah diakui sebagai warisan budaya nonbendawi asli Indonesia oleh UNESCO sejak 2 Oktober 2009. Dan tanggal tersebut ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional

Baca Juga : Rayakan Hari Batik Nasional 2022, Iriana Jokowi Ajak 3.000 Wanita Berkebaya

Berikut Sejumlah Daerah Penghasil Batik di Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara:

  1. Yogyakarta

Tidak hanya dinobatkan sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga merupakan daerah penghasil batik di Indonesia hingga mendapatkan gelar sebagai kota batik dunia oleh World Craft Council. 

Sejak diberikan gelar tersebut, popularitas batik Yogyakarta menjadi meningkat. Batik Yogyakarta didominasikan dengan warna-warna netral seperti hitam, putih, coklat, dan warna-warna lainnya. Warna yang dipadukan itulah yang memberikan keindahan pada batik di Yogyakarta. 

  1. Pekalongan

Pekalongan merupakan salah satu daerah penghasil batik di Indonesia. Pekalongan menjadi tempat khusus sebagai sentra batik terbesar yang ada di Indonesia. Batik dari Pekalongan juga mendapatkan sebuah julukan yakni batik pesisir, sebab lokasi daerah Pekalongan ini berada di pesisir Pulau Jawa.

Tidak berbeda jauh dengan batik dari Yogyakarta, batik dari daerah Pekalongan juga memiliki ciri khas yakni dari pilihan warnanya. Batik dari Pekalongan menggunakan warna-warna yang cerah dan seluruh batik Pekalongan memiliki motif yang bertemakan alam. 

Hal tersebut karena adanya pengaruh dari tiga negara besar yaitu Belanda, Arab dan China. Dijuluki sebagai daerah penghasil batik terbesar di Indonesia, daerah Pekalongan membuat sebuah museum yang isinya khusus untuk batik. Tetapi, batik yang dipajang dalam museum tidak hanya batik dari Pekalongan saja, terdapat juga batik dari daerah Nusantara lainnya.

Baca Juga : Sejarah Dibalik Peringatan Hari Batik Nasional Setiap 2 Oktober

  1. Solo

Selain daerah Pekalongan dan Yogyakarta, Solo juga merupakan daerah penghasil batik di Indonesia terbanyak. Kota Solo memiliki banyak sekali batik-batik yang menawan. Batik dari daerah ini juga memiliki pengaruh dari Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Mataram.

Batik dari daerah solo ini hampir kebanyakan bercorak pemandangan alam dan motif-motif yang dibuat mempunyai sebuah makna yang sangat mendalam. 

  1. Pulau Bali

Pulau Bali atau biasa disebut Pulau Dewata ini salah satu daerah di Indonesia yang menghasilkan berbagai macam motif batik yang unik-unik. Ciri khas dari batik Bali adalah perpaduan antara warna-warna cerah yang menggambarkan kebudayaan Bali. Kain batik ikonik milik Indonesia mempunyai motif yang berbentuk hewan.

Beberapa motif batik dari daerah Bali yaitu batik motif singa barong, motif buketan, motif ulamsari mas, dan motif merak abyorhokokai. Keempat motif batik tersebut sangat laris di pasaran lokal hingga ke ranah internasional. 

Nah itu dia 4 daerah penghasil batik di Indonesia. Semua batik yang dihasilkan dari empat daerah tersebut mempunyai kualitas dan motif yang tidak main-main bagusnya. Bahkan batik dari keempat dari tersebut juga sudah diekspor ke luar negeri karena keindahan motifnya. Nah sebentar lagi kan Hari Batik Nasional tiba, kalian sudah pada beli batik belum nih?

Baca Juga : Simak! Bahan, Alat, Hingga Proses Yang Digunakan Untuk Membuat Batik