Harga Cabai dan Bawang Naik, Tahu Tempe Ikut Mengecil

Harga cabai dan bawang naik melambung tinggi, namun para pedagang tahu tempe memilih untuk mengurangi ukuran dibanding menaikkan harga.

Harga Cabai dan Bawang Naik, Tahu Tempe Ikut Mengecil
Tahu tempe ikut mengecil dan harga cabai dan bawang naik. Gambar : Solopos/Dok. Ni'matul Faizah

BaperaNews - Pedagang memilih mengurangi ukuran tahu tempe dibanding menaikkan harga yang membuat pembeli kabur. Sri, salah satu penjual tempe tahu di Pasar Kemiri Muka, Depok, Jawa Barat menyebut ia tidak bisa menaikkan harga tahu tempe, sebab pembeli jadi enggan beli jika harga kebutuhan pokok naik.

“Beda harganya, ini Rp 5.000 per papan kecil, ini Rp 6.000 agak gede, ini Rp 7.000, ini Rp 10.000, beda-beda, ukurannya dikecilin, soalnya kalau harga kebutuhan pokok naik orang-orang ga mau beli” tutur Sri pada Jumat (3/2).

Bowo yang juga menjual tahu tempe di Pasar Depok Jaya, Depok menjual tahu kuning seharga Rp 6.000 per bungkus, harga tersebut sama dengan harga tempe. Bowo mengaku tidak menyediakan variasi ukuran tahu tempe seperti yang dilakukan Sri untuk menghadapi harga kebutuhan pokok naik seperti kedelai.

Baca Juga : Jokowi: Harga Beras Naik di Seluruh Provinsi

Harga Cabai dan Bawang Naik

Tidak hanya kedelai, harga cabai dan bawang juga melonjak di awal Februari ini. Ita, seorang penjual cabai dan bawang di Pasar Depok Jaya mengungkap kenaikan harga cabai dan bawang terjadi karena curah hujan meningkat belakangan ini. Harga naik Rp 5-10 ribu per kgnya.

Ita saat ini menjual cabai keriting seharga Rp 60-80 ribu per kg, cabai hijau Rp 50 ribu per kg, bawang merah Rp 65 ribu per kg, dan bawang putih Rp 40-45 ribu per kg.

“Ga tentu naiknya, bawang merah dan bawang putih naik Rp 5 ribu, cabai yang naik tinggi banget sampai Rp 10 ribu per kg naiknya, sudah sejak seminggu lalu” terang Ita.

Harga Telur Turun

Untuk harga bahan pokok yang turun ialah telur, telur harganya tidak lebih dari Rp 28 ribu per kg. Yessy selaku penjual telur dan sembako lainnya di Pasar Kemiri Muka menyebut telur sebelumnya Rp 32 ribu per kg, kini turun menjadi Rp 26 ribu per kg.

Yoga yang juga penjual telur di pasar mematok telur Rp 27 ribu per kg. “Kalau telur saya jualnya Rp 27.500 per kg, turun, sebelumnya tembus Rp 32 ribu per kg, pelan-pelan turunnya ga yang sampai jebret” ucap Putri Pedagang sembako di Pasar Depok Jaya.

Harga Daging Stabil

Sedangkan harga daging ayam dan sapi di Pasar Tradisional Depok stabil, harga daging ayam Rp 35-37 ribu per kg sedangkan harga daging sapi Rp 140-145 ribu per kg.

Baca Juga : Sederhana! Ini Cara Cek Bansos 2023 di Kemensos