Hadiri Acara 'Kick Off' ASEAN 2023, Jokowi Gowes Sepeda ke Bundaran HI

Presiden Joko Widodo menghadiri acara keketuaan ASEAN 2023 dengan menggowes sepeda ke Bundaran HI. Simak ulasannya!

Hadiri Acara 'Kick Off' ASEAN 2023, Jokowi Gowes Sepeda ke Bundaran HI
Presiden Joko Widodo menghadiri acara keketuaan ASEAN 2023 dengan menggowes sepeda ke bundaran HI. Gambar : ANTARA FOTO/RENO ESNIR

BaperaNewsPresiden Jokowi bersepeda menuju lokasi Kick Off Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 di Bundaran HI Jakarta, ia bersepeda di bawah cuaca hujan gerimis. Jokowi tiba pukul 7.20 WIB dengan helm merah, Jokowi juga menyapa sejumlah masyarakat yang hadir di sepanjang perjalanan, kemudian berjalan kaki ke Bundaran HI.

Jokowi memakai kaus berwarna putih, celana hitam, serta topi hitam. Jokowi naik sepeda didampingi sejumlah menteri seperti Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Polhukam Mahfud MD, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, hingga Menteri BUMN Erick Thohir.

Baca Juga : Jokowi Tegaskan Resesi Seks Tak Ada di Indonesia

“Kita sudah jalankan Presidensi G20 dengan baik dan di tahun ini Indonesia jadi Ketua ASEAN, di tengah kondisi global yang tidak mudah, krisis ekonomi, krisis energi, pangan, semuanya” tutur Jokowi dalam sambutannya hari Minggu (29/1).

Menurut Jokowi, ASEAN ialah lembaga yang penting posisinya bagi dunia di tengah krisis global. “Saya yakin ASEAN masih penting serta relevan untuk rakyat, untuk kawasan, dan dunia” lanjutnya. Jokowi menegaskan, ASEAN akan terus memberi kontribusi untuk perdamaian dan stabilitas dk Indo Pasifik, apa yang dilakukan Negara-negara anggota ASEAN bisa terus menjaga pertumbuhan ekonomi.

Indonesia menjadi Ketua ASEAN 2023 usai menerima estafet dari Kamboja, serah terima dilakukan pada hari Minggu 13 November 2022 lalu di Kamboja pada KTT ke 40 dan 41. Usai memberi sambutan, Jokowi kemudian membuka Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 secara resmi.

“Bismillah pagi ini saya nyatakan Kick Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 dimulai” ucapnya sambil memukul rebana sebagai bentuk peresmian secara simbolis. Pada acara tersebut, sejumlah tamu Negara sahabat juga hadir yakni duta besar dari berbagai Negara, acara berlangsung lancar dan aman meski dalam kondisi cuaca gerimis.

Baca Juga : Malaysia Ikut Tingkatkan Infrastruktur Jalan Dekat IKN

Kepemimpinan Indonesia di ASEAN 2023 mengusung tema Epicentrum of Growth yang artinya ASEAN harus jadi kawasan yang damai dan stabil, bisa jadi jangka stabilitas dunia, konsisten menegakkan hukum, dan tidak jadi proksi siapapun.

“ASEAN harus jadi kawasan yang bermartabat, menjunjung tinggi nilai demokrasi dan kemanusiaan, lebih adaptif, responsive, serta berdaya saing. Semua itu perlu diperjuangkan dengan semangat kerja dan menjalankan program ASEAN sepenuhnya” tegas Presiden Jokowi dalam pidatonya di Kamboja 13 November 2022 lalu.

Baca Juga : Kendaraan Listrik Wajib Bayar Pajak, Jika Nunggak Data Dihapus