Gugat Hillary Clinton Tanpa Bukti, Donald Trump Kena Sanksi 15 M!

Donald Trump kena sanksi 15 Milyar usai gagal menggugat Hillary Clinton dengan tuduhan curang saat pemilu pada 2016.

Gugat Hillary Clinton Tanpa Bukti, Donald Trump Kena Sanksi 15 M!
Ilustrasi Donald Trump dan Hillary Clinton. Gambar : Getty Image

BaperaNews - Hakim federal di Amerika Serikat menjatuhkan sanksi untuk Donald Trump dan pengacaranya. Sanksi tersebut membuat Donald Trump harus membayar Rp15 Milyar usai mengajukan gugatan terhadap Hillary Clinton, dalam gugatan tersebut Donald Trump mengklaim bahwa Hillary Clinton telah berbuat curang pada pemilu tahun 2016.

Dilansir dari AFP, Jumat (20/1), ketua pengadilan Amerika, John Middlebrooks mengkonfirmasi perihal sanksi untuk Donald Trump.

“Kami menerima ajuan gugatan yang tidak benar terhadap Hillary Clinton, baik secara faktual maupun hukum. Gugatan ini diajukan dengan itikad buruk untuk tujuan yang tidak pantas,” tulis Hakim John Middlebrooks di Pengadilan Distrik AS, Florida dalam perintahnya memberikan sanksi kepada Trump dan pengacaranya Alina Habba.

Donald Trump Menuduh Hillary Clinton

Adapun dalam gugatan Trump, ia meminta ganti rugi $70 juta dan menuduh Hillary Clinton serta 30 terdakwa lainnya telah membuat skenario palsu selama pemilu 2016. Skenario palsu tersebut dikatakan membuat nama Trump tercoreng, karena ia dan tim kampanyenya berkolusi dengan Rusia dalam upaya mereka untuk memenangkan pemilihan.

Baca Juga : Komentari Foto Telanjang Dada Kate, Raja Charles III Kesal Dengan Donald Trump

Akibat perbuatannya, Hakim federal AS membuat perintah yang juga menjatuhkan sanksi terhadap pengacara Trump, Alina Habba.

"Donald Trump adalah penggugat yang produktif dan canggih yang berulang kali menggunakan pengadilan untuk membalas dendam pada lawan politik. Dia adalah dalang dari penyalahgunaan strategis proses peradilan, dan dia tidak dapat dilihat sebagai pihak yang berperkara secara membabi buta mengikuti saran dari seorang pengacara,” tulis Middlebrooks.

"Dia tahu betul dampak dari tindakannya ... Karena itu, saya menemukan bahwa sanksi harus dijatuhkan kepada Tuan Trump dan penasihat utamanya, Nyonya Habba." 

Baca Juga : Investigasi Kongres AS: Donald Trump Otak Dibalik Serangan Ke Gedung Capitol

Trump beserta pengacaranya diklaim dengan cara bersama-sama bertanggung jawab menurut jumlah seluruhnya sanksi yang dijatuhkan Middlebrooks guna menutupi hukum para terdakwa. Nilai dari sanksi tersebut sebesar $937.989,39. Jumlah itu sekitar $120.000 kurang dari yang diminta bersama oleh para tergugat untuk sanksi.

Sedangkan Clinton diberikan $171.631 dalam bentuk sanksi yang harus dibayar oleh Trump dan Habba, dengan sebagian besar uang itu dialokasikan untuk biaya pengacara Clinton.

Sanksi dari Middlebrooks adalah yang terbaru dari serangkaian hukuman yang dijatuhkan kepada Trump, termasuk hukuman pidana bulan lalu di pengadilan negara bagian New York dari perusahaan real estatnya yang berbasis di Manhattan, The Trump Organization, untuk skema penghindaran pajak selama bertahun-tahun. .

Trump dan perusahaannya juga menghadapi gugatan perdata besar oleh jaksa agung New York atas dugaan salah menilai aset real estat untuk keuntungan finansial, dan Trump juga dituntut oleh penulis E. Jean Carroll, yang menuduhnya melakukan pemerkosaan. dia pada pertengahan 1990-an di New York