Gratis! Berikut Cara Konsultasi Ke Psikolog Pakai BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan kini tidak hanya menanggung biaya penyakit fisik saja, masalah kesehatan mental juga akan ditanggung secara gratis. Berikut cara konsultasi ke Psikolog pakai BPJS Kesehatan!

Gratis! Berikut Cara Konsultasi Ke Psikolog Pakai BPJS Kesehatan
Cara konsultasi ke Psikolog pakai BPJS Kesehatan. Gambar : pixabay.com/Dok. RazorMax

BaperaNews - Tidak hanya penyakit fisik, masalah kesehatan mental juga ditanggung oleh BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan memberi jaminan untuk biaya layanan kesehatan terkait mental yang membutuhkan konsultasi atau penanganan psikolog.

Sebagaimana kita ketahui tidak hanya tubuh yang bisa sakit, meski tidak terlihat secara nyata, mental atau jiwa juga bisa sakit, yang akan berpengaruh pada segala aktivitas harian bahkan pada kesehatan tubuh. Sebab itu agar memiliki kesehatan fisik dan mental, perlu untuk memeriksakan diri jika terdapat masalah pada kesehatan mental.

Misalnya ialah merasa mudah cemas, takut bersosialisasi, takut atau trauma dan phobia atas sesuatu, atau butuh nasehat dan tindakan terkait mental, bisa konsultasi ke Psikolog pakai BPJS Kesehatan.

Bagaimana cara konsultasi ke psikolog pakai BPJS Kesehatan secara gratis? Berikut cara konsultasi ke psikolog secara gratis yang telah dirangkum oleh Tim Redaksi Bapera News, disimak yaa! 

Cara konsultasi ke psikolog pakai BPJS Kesehatan sangat mudah dan gratis, bahkan, semua biaya ditanggung BPJS Kesehatan jika pasien memang membutuhkan penanganan ke tahap lanjutan sesuai diagnosa.

Semua peserta aktif yang tercatat di BPJS Kesehatan bisa memanfaatkan layanan konsultasi ini mengingat biaya untuk pengobatan mental tidaklah murah, terlebih jika dalam kondisi kronis, maka biaya akan lebih besar.

Adapun layanan kesehatan mental yang ditanggung BPJS Kesehatan ialah rehabilitasi, terapi obat, dan konsultasi berjenjang hingga kondisi pasien membaik. Berikut cara konsultasi ke psikolog pakai BPJS Kesehatan secara gratis.

Baca Juga : Tak Ada Kenaikan, Segini Iuran BPJS Kesehatan 2023

Cara Konsultasi Ke Psikolog Pakai BPJS Kesehatan Secara Gratis: 

  1. Datang ke Faskes tingkat pertama

Datang ke faskes tingkat pertama sesuai dengan lokasi pendaftaran peserta. Faskes tingkat pertama ini ialah praktik Klinik pratama, dokter, atau Puskesmas dan rumah sakit kelas D.

  1. Konsultasi

Lakukan konsultasi di faskes tingkat pertama, di bagian administrasi untuk permintaan surat rujukan konsultasi ke Psikolog. Siapkan berkas pendukung seperti fotocopy BPJS Kesehatan, KTP, dan KK (Kartu Keluarga).

Pasien di tahap ini akan didata keluhan apa yang dirasakan, jika menurut tenaga kesehatan memang membutuhkan konsultasi ke layanan spesialis jiwa, maka akan dirujuk ke rumah sakit tertentu yang terdapat layanan tersebut.

  1. Pemeriksaan lanjutan di rumah sakit rujukan

Pasien biasanya dirujuk ke rumah sakit jiwa atau ke RSUD, tentu pasien tak perlu lagi khawatir soal biaya sebab telah ditanggung BPJS Kesehatan. Pasien akan ditangani oleh Psikolog yang kompeten, dibuatkan jadwal konsultasi, mendapat petunjuk kapan harus kontrol, dan diberi obat jika membutuhkan.

Itulah cara konsultasi ke Psikolog pakai BPJS Kesehatan secara gratis, sangat mudah bukan? Semoga layanan ini bisa bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan.

Baca Juga : Cara Daftar BPJS Kesehatan PBI, Iuran Gratis Dibayarkan Pemerintah