Google Akan Rilis Fitur Kecerdasan Buatan di Seluruh Aplikasi Workspace

Perusahaan teknologi raksasa Google mengumumkan bahwa segera menghadirkan fitur berteknologi AI di semua produk Google Workspace.

Google Akan Rilis Fitur Kecerdasan Buatan di Seluruh Aplikasi Workspace
Google Akan Rilis Fitur Kecerdasan Buatan di Seluruh Aplikasi Workspace. Gambar : Unsplash.com/Dok.Pawel Czerwinski

BaperaNews - Perusahaan teknologi raksasa Google umumkan akan hadirkan fitur berteknologi AI generative di semua produk Google Workspace mulai dari Gmail, Google Docs, Slides, hingga Sheets.

Sejak datangnya ChatGPT pada tahun lalu dan Microsoft juga luncurkan Bing yang mampu chatbot pada Februari 2023 ini, Google ikut bersaing dengan luncurkan fitur AI.

Hadirnya fitur kecerdasan buatan AI di Google ini diklaim akan memudahkan pengguna Google di Gmail, misalnya ketika menyusun, membalas, meringkas, atau membuat email prioritas. Kemudian Google Docs bisa mengoreksi, menulis teks, brainstorming, dan menulis ulang.

Pengguna bisa membuat Slide gambar dan video secara otomatis, formula mandiri bisa dibuat di Spreadsheet, dan di Meet pengguna bisa membuat transkripsi teks otomatis.

Contoh pemanfaatan fitur kecerdasan buatan AI di Google Docs ialah pengguna hanya perlu mengetik subjek dari tugasnya ke jalaman, rangkaian AI Google akan memasukkan teks tambahannya dengan cepat.

Baca Juga : OpenAI Rilis ChatGPT 4, Bisa Jawab Input Gambar?

Sistem juga bisa mengerjakan ulang apa saja tugas yang sedang dikerjakan oleh pengguna meski hanya dalam bentuk poin, bisa memakai fungsi Tulis Ulang, dan ada opsi baru bernama “Saya Merasa Beruntung di Gmail” yang diklaim akan disukai oleh SDM Perusahaan.

“AI sebenarnya bukan pengganti kecerdasan, kecerdikan, atau kreatifitas yang sungguhan. AI kadang juga lakukan kesalahan, kadang menyenangkan dengan sesuatu yang tak biasa, dan sering butuh panduan. Untuk itu perusahaan membangun produk ini dengan batasan prinsip, yang mengikat secara hukum seperti moto lama Jangan Jahat” tutur CP of Product Google Workspace Johanna Voolich.

Rangkaian fitur AI di Google Workspace ini kabarnya akan diluncurkan ke pengguna di Amerika Serikat dan Inggris terlebih dahulu pada akhir bulan ini, untuk negara dan bahasa lain akan diluncurkan menyusul dalam beberapa tahap waktu. Jadi untuk pengguna di Indonesia masih perlu bersabar untuk bisa menikmati fitur AI di Google tersebut.

Fitur AI sendiri biasa disebut kecerdasan buatan, bisa berkomunikasi dengan manusia layaknya makhluk hidup. Fitur AI di Google juga bisa dimanfaatkan untuk melaksanakan perintah, termasuk mengerjakan tugas di Google Workspace.

Diharapkan fitur AI di Google ini bisa memudahkan pengguna dalam menyusun teks dan melakukan tugas apapun di Google untuk pengalaman yang lebih baik dan untuk bisa bersaing dengan fitur sejenis.

Baca Juga : Microsoft Klaim ChatGPT 4 Akan Hadirkan Fitur Buat Video