Gerard Pique Resmi Mengundurkan Diri Dari Sepak Bola

Gerard Pique resmi mengundurkan diri dari sepak bola setelah meraih 3 gelar Liga Champions untuk klub masa kecilnya, Piala Dunia 2010 dan Euro 2012 bersama dengan Spanyol.

Gerard Pique Resmi Mengundurkan Diri Dari Sepak Bola
Gerard Pique resmi mengundurkan diri dari sepak bola. Gambar : REUTERS/Juan Medina

BaperaNews - Pada Kamis (03/11), Gerard Pique resmi mengumumkan pengunduran dirinya. Pemain yang kini berusia 35 tahun itu mengunggah hal tersebut melalui akun Twitter resminya, ia menuliskan bahwa pertandingan pada Sabtu (05/11) melawan Almeria akan menjadi pertandingan terakhirnya di Camp Nou.

Gerard Pique memutuskan untuk gantung sepatu usai meraih 3 (tiga) gelar Liga Champions untuk klub masa kecilnya dan Piala Dunia 2010 dan Euro 2012 bersama dengan Spanyol. Dalam klip video yang diunggahnya pada Jumat (04/11), Gerard Pique menjelaskan bahwa ia telah memutuskan untuk mengakhiri perjalanan ini.

Kemudian ia pun menambahkan bahwa tidak ada tim lain setelah Barca. Ia akan menjadi penggemar berat, dan ia akan mendukung tim serta menyampaikan rasa cintanya untuk Barca kepada anaknya. Terakhir, Gerard Pique menegaskan bahwa cepat atau lambat, ia akan kembali.

Sebagai informasi, Gerard Pique Bernabeu yang lahir pada 2 Februari 1987 merupakan pemain bola profesional Spanyol yang bermain sebagai bek tengah dalam klub La Liga Barcelona. Ia dianggap sebagai salah satu bek terbaik di dalam generasinya.

Gerard Pique adalah lulusan akademi sepak bola Barcelona yang dikenal dengan nama Barca Centera. Sebelumnya ia sempat bermain di Inggris bersama tim Manchester United selama 4 (empat) musim, hingga akhirnya Pique kembali ke Barcelona dan langsung menjadi pemain inti pada musim 2008-2009.

Baca Juga : Ronaldo Dapat Klub Baru, Man United Ogah Lepas

Walaupun ia mengawali karir di akademi sepak bola Barcelona, Pada tahun 2004 Gerard Pique menandatangani kontrak profesional pertama sebagai pemain sepak bola bersama Manchester United. Oktober 2004 merupakan debut dari Gerard Pique bersama Setan Merah menggantikan John O'Shea saat MU menang 3-0 atas Crewe Alexandra di ajang Piala Liga.

Gerard Pique dianggap belum siap bermain di tim utama MU, akhirnya Sir Alex Ferguson meminjamkan Gerard Pique ke Real Zaragoza selama musim 2006-2007. Gerard Pique pun bermain reguler dalam 22 pertandingan La Liga dan berhasil mencetak 2 gol.

Kemudian pada tahun berikutnya, Gerard Pique akhirnya resmi kembali ke klub masa kecilnya yakni Barcelona pada 27 Mei 2008 dengan nominal transfer yang tidak dipublikasikan. Gerard Pique pun mengaku senang lantaran ia dapat kembali memperkuat klub yang menjadi tempat awalnya meniti karir sepak bola.

Gerard Pique pun menandatangani perpanjangan kontrak dengan Barcelona pada 20 Mei 2014 sehingga membuat ia tetap di klub hingga tahun 2019.

Kemudian Gerard Pique menjadi starter untuk Barca pada Final Liga Champions UEFA 2015, saat klub memenangkan gelar Piala Eropa /Liga Champions kelima dengan menaklukan Juventus di Olympiastadion Berlin. Hal tersebut menjadikan Barcelona sebagai klub pertama dalam sejarah yang berhasil memenangkan treble liga domestik, piala domestik serta Piala Eropa 2 kali.

Baca Juga : Hasil Drawing Piala Asia U-20 2023: Indonesia Satu Grup Dengan Uzbekistan Dan Irak