Gambarkan Kondisi Kiev, WNI di Ukraina Sebut Evakuasi 1 – 2 Hari Lagi

Salah satu seorang WNI yang tinggal di Kiev, Ukraina mengatakan bahwa evakuasi WNI untuk menuju perbatasan akan dilakukan dalam waktu 1-2 hari ke depan.

Gambarkan Kondisi Kiev, WNI di Ukraina Sebut Evakuasi 1 – 2 Hari Lagi
WNI di Kota Kiev, Ukraina menyebut evakuasi akan dilakukan dalam 1-2 hari mendatang. Gambar : AP/ Dok. Emilio Morenatti

BaperaNews - Salah seorang WNI yang tinggal di Kiev, Ukraina bernama Vanda Sakina menyebut evakuasi WNI untuk menuju perbatasan akan dilakukan dalam waktu 1-2 hari ke depan, informasi ini ia jelaskan didapatkan dari Kemenlu Indonesia.

Hal ini ia sampaikan di akun instagramnya, ia dan sejumlah WNI lainnya mengungsi di safe house milik duta besar Indonesia di Ukraina. “Tentang evakuasi banyak yang tanya, mungkin setelah kita meeting dengan Kemenlu, dalam 1-2 hari ke depan kita akan dievakuasi” ujarnya Sabtu 26 Februari 2022.

Ada alasan kenapa WNI tak kunjung dievakuasi yang berhubungan dengan situasi di negara tersebut yang masih mencekam sehingga safe house KBRI adalah tempat teraman untuk mereka saat ini. Yang kedua ialah sistem transportasi belum bisa didapatkan, dan yang ketiga pemerintah harus mencari dan memastikan titik aman yang bisa dilewati untuk melakukan perjalanan ke perbatasan.

Vanda juga membagikan kondisi kota Kiev saat itu, dalam gambar yang dipostingnya, nampak sejumlah orang membawa koper dan ingin mengungsi dari Kiev, banyak warga berdiri di pinggir jalan dan memohon pertolongan pada setiap kendaraan yang lewat.

Baca Juga : Upaya Facebook dan Twitter Lindungi Pengguna di Ukraina

“Ini lokasi dekat safe house KBRI banyak warga di jalan bawa koper, mereka kabur dan berlindung ke shelter atau bunker, tapi aku sedih, mereka jika bertemu dengan militer pasti akan dicegat dan disuruh ikut perang” ujarnya.

Lebih lanjut ia menceritakan, sirene sering berbunyi dan ketika itu terjadi maka para WNI harus segera sembunyi ke dalam basement, suara ledakan dan tembakan juga terus ia dengar sepanjang hari hingga malam dan semakin mendekati ibu kota.

Ia memohon doa dari seluruh masyarakat Indonesia agar para WNI bisa selamat sampai perbatasan Ukraina dan bisa dievakuasi segera.

Sebelumnya Jubir Kemenlu, Teuku Faizasyah mengungkap kondisi WNI dalam keadaan aman berkumpul di gedung KBRI, pihaknya juga akan memberi arahan untuk para WNI agar bisa melalui proses evakuasi dengan selamat.

“Jam 7 ini kita beri briefing untuk perlindungan bagi WNI di Ukraina” ujarnya Sabtu 26 Februari 2022.

Diketahui saat ini serangan sedang terjadi di Ukraina akibat perang dengan Rusia, Rusia menyatakan perang ini untuk melindungi warga sipil dan meminta seluruh negara dunia tidak ikut campur atau mereka akan mendapat ganjaran yang sebelumnya belum pernah terjadi di sejarah negara mereka.

Baca Juga : 27 Negara Dikabarkan Akan Kirim Bantuan Militer dan Medis ke Ukraina