Fitur Chat Lock WhatsApp: Dapat Amankan Pesan Rahasia

Ramai di media sosial tentag fitur chat lock WhatsApp yang memungkinkan pengguna mengunci chat dengan sidik jari. Bagaimana cara pakai fitur tersebut?

Fitur Chat Lock WhatsApp: Dapat Amankan Pesan Rahasia
Fitur Chat Lock WhatsApp. Gambar : Reuters/Dok. Anushree Fadnavis

BaperaNews - Ramai pembahasan di media sosial Twitter tentang fitur baru Whatsapp yang memungkinkan pengguna mengunci chat dengan sidik jari dan sistem pengaman lain agar tidak dibuka oleh orang lain.

Topik fitur baru Whatsapp tersebut diangkat dengan menyertakan gambar tangkapan layar Whatsapp bertuliskan “Chat yang Dikunci”.

Warganet menyebut meski mungkin membantu seseorang memiliki privasi, namun juga bisa dimanfaatkan seseorang untuk selingkuh.

Whatsapp kok gini mana ada sandinya ini mendukung buat selingkuh lah” cuit salah seorang warganet di Twitter.

Lantas, apa itu fitur kunci pesan Whatsapp dan cara pakainya?

Fitur Chat Lock Whatsapp

Whatsapp memang telah luncurkan fitur baru Chat Lock atau fitur untuk mengunci obrolan dan ruang chat tertentu. Fitur ini memang belum diluncurkan ke semua negara, fitur masih dalam tahap uji coba.

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengatur chat dari kontak mana yang ingin ia rahasiakan dari orang lain. Tak perlu menghapus pesan, chat bisa disembunyikan dan tidak akan terbaca oleh orang lain.

Baca Juga : Fitur Baru WhatsApp: Room Chat Bisa Dikunci Pakai Sidik Jari

Pengguna bisa melindungi percakapan pribadinya atau yang ia anggap intim dengan fitur kunci pesan Whatsapp ini. Baik percakapan pribadi dengan salah satu kontak maupun di grup, bisa dikunci.

Fitur kunci pesan Whatsapp ini bertujuan mengunci satu per satu pesan, bukan untuk keseluruhan pesan sebab tak jarang seseorang akan meminjam ponsel orang lain.

Cara Memakai Fitur Chat Lock Whatsapp

Dengan kunci pesan Whatsapp, isi pesan tidak akan muncul di bar notifikasi ketika masuk, hanya akan terbaca ketika pesan dibuka oleh penggunanya dengan sidik jari atau kata sandi.

Adapun chat yang dikunci akan masuk ke menu “Archived” atau pesan yang diarsipkan. Berikut cara memakai fitur Chat Lock Whatsapp.

  • Masuk ke aplikasi Whatsapp
  • Klik profil kontak atau grup yang ingin dikunci
  • Klik menu Chat Lock berupa menu ikon gembok dan matikan notifikasinya
  • Pesan otomatis akan terkunci, hanya bisa dibuka ketika membuka kontak tersebut dan isi pesan tidak akan muncul di notifikasi

Pengguna bisa memilih mengunci pesan dengan sidik jari atau dengan kata sandi.

Jadi bagaimana menurut Anda, fitur Chat Lock Whatsapp ini lebih banyak manfaatnya atau lebih banyak resikonya?

Baca Juga : Catat! Ini Cara Rekam Panggilan WhatsApp di Hp dengan dan tanpa Aplikasi