Fitur Baru Whatsapp "Accidental Delete" Kembalikan Chat Terhapus Selama 5 Detik

WhatsApp membuat fitur baru bernama Accidental Delete. Fitur baru WhatsApp tersebut membuat pengguna bisa membatalkan pesan yang telah dihapus selama 5 detik.

Fitur Baru Whatsapp "Accidental Delete" Kembalikan Chat Terhapus Selama 5 Detik
Fitur Accidental Delete di WhatsApp bisa kembalikan chat terhapus selama 5 detik. Gambar : unsplash.com/Dok. Christian Wiediger

BaperaNews - Setelah WhatsApp beta v2.22.18.13 menguji fitur yang membuat pengguna WhatsApp (WA) membatalkan pesan yang telah dihapus. Kini WhatsApp membuat fitur baru bernama Accidental Delete.

Fitur baru WhatsApp Accidental Delete WhatsApp yang mengembalikan pesan terhapus akibat pengguna salah memilih 'Delete for Me' (hapus untuk saya) daripada 'Delete for Everyone' (hapus untuk semua).

Melansir Tech Crunch, pengguna WhatsApp terkadang salah memilih antara Delete for Me dan Delete for Everyone. Akibatnya, pesan hanya terhapus di ponsel pengguna dan masih bisa terlihat di layar ponsel pengguna lain.

Fitur Accidental Delete ini diluncurkan WhatsApp untuk membantu pengguna yang telanjur salah memilih antara Delete for Me dan Delete for Everyone. Fitur baru WhatsApp Accidental Delete merupakan sebuah kotak peringatan yang muncul setelah pesan dihapus.

Baca Juga : WhatsApp Kembangkan Fitur "View Once", Teks Akan Hilang Usai Dibaca

Peringatan dari fitur Accidental Delete tersebut mengingatkan pengguna apakah ingin membatalkan penghapusan tersebut. "Message deleted for me' (Pesan dihapus untuk saya). Jika memang salah penghapus, pengguna bisa memilih 'Undo' (batalkan). Kotak peringatan tersebut akan tampil dengan durasi lima detik.

Fitur Accidental Delete WhatsApp ini akan tersedia untuk pengguna iPhone dan Android setelah diuji pada Agustus lalu.

Pada 2017, WhatsApp memperkenalkan fitur 'Delete for Everyone' untuk memungkinkan pengguna membatalkan pesan yang telah terkirim di sebuah percakapan. Pada mulanya, pesan akan bisa dihapus tujuh menit setelah terkirim. Namun WhatsApp pada akhirnya memperpanjang durasi itu menjadi dua hari dan 12 jam pada Agustus tahun ini.

Mengutip WA Beta Info, WhatsApp sebelumnya juga menghadirkan pembaruan dalam fitur baru WhatsApp pada panggilan mereka, pada awal tahun ini. Beberapa pembaruan itu antara lain soal jumlah pengguna yang bisa masuk dalam sebuah grup panggilan. Kini, kapasitas grup panggilan WA bisa menampung hingga 32 partisipan. Selain itu, ada juga fitur 'Voice Waveforms' yang berupa tampilan getaran gelombang suara.

Getaran gelombang suara akan tampil di akun pengguna yang tidak mengaktifkan kameranya, namun sedang berbicara. Hal itu berguna agar pengguna lain bisa mengidentifikasi siapa yang berbicara.

Baca Juga : Meta Rilis Fitur Avatar Di WhatsApp, Simak Cara Menggunakannya!