Fitur Baru Instagram, Kini Bisa Komentar Pakai GIF

Fitur GIF bisa digunakan untuk balas komentar di Instagram, simak cara gunakan fitur GIF dan apa itu fitur GIF agar kamu tak ketinggalan informasi!

Fitur Baru Instagram, Kini Bisa Komentar Pakai GIF
Fitur GIF kini bisa dipakai untuk komentar Instagram. Gambar: pexels.com/dok.cottonbro.studio

BaperaNews - Sejumlah pengguna Instagram mengaku sudah bisa mengirim GIF di kolom komentar usai Instagram merilis fitur GIF untuk membalas Instastory tahun 2020 lalu. Belum ada keterangan resmi dari pihak Instagram tentang fitur ini dan siapa yang bisa mengaksesnya, namun warganet menyambut baik, memberi GIF di komentar Instagram dirasa lebih seru dan lebih hidup.

GIF sendiri ialah gambar yang bisa bergerak, nampak lebih hidup dan ramai. Fitur GIF beda dengan emoticon. Emoticon hanya berupa gambar ekspresi yang tidak bergerak. Sedangkan GIF tidak hanya dari emoticon, bisa dari gambar atau foto lain dan bisa bergerak. Memberi komentar dengan GIF dirasa lebih seru, bisa lebih mudah menyampaikan komentar tanpa harus jelaskan panjang lebar dengan tulisan.

Diketahui GIF sudah ada di samping tempat untuk menulis komentar, menggantikan tombol kirim. Ketika diklik, akan muncul beberapa pilihan GIF yang bisa dipakai, pengguna juga bisa mencari GIF dengan kata kunci. Pastikan Instagram telah diupdate ke versi terbaru untuk bisa menikmati fiturnya.

Fitur GIF di komentar Instagram sebelumnya telah diterapkan di Facebook, fitur GIF sudah bisa dipakai untuk komentar di unggahan Facebook sejak lama, namun untuk Instagram sebuah hal baru. Diduga untuk Instagram baru dilakukan uji coba, sebab itu Instagram belum menyampaikan pernyataan resmi. Fitur sudah mulai dipakai sejak hari Jumat 17/2, sejumlah pengguna bagikan pengalamannya berkomentar di unggahan Instagram dengan GIF.

Baca Juga: Tak Ribet, Ini Cara Hapus Akun Instagram Permanen dan Menonaktifkan Sementara

“Instagram luncurkan fitur baru untuk komentar dengan GIF, langkah yang bagus tidak? komentar @rap sambil mengunggah screenshot contoh-contoh komentar GIF dari pengguna. Sudah tau cara menggunakannya? Berikut langkahnya.

Cara Gunakan Fitur GIF untuk komentar di Instagram

  • Login atau masuk ke akun Instagram Anda.
  • Cari unggahan atau postingan yang ingin dikomentari.
  • Klik ikon komentar, klik ikon GIF yang berada di bagian Kirim.
  • Pilih salah satu GIF yang ingin dipakai, Anda bisa mencari dengan kata kunci atau memakai rekomendasi yang diberi oleh Instagram.
  • Klik Kirim, Selesai.

Tidak semua akun Instagram memiliki fitur tersebut, jika akun Anda belum, lakukan update ke versi terbaru, jika masih belum bisa, tunggulah hingga Instagram resmi merilis fitur tersebut. Memang fitur GIF untuk komentar ini sudah bisa dipakai, namun masih terbatas. Selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Membuat Avatar Instagram Jadi Foto Profil