Fitur Baru Google untuk Chrome, Bisa Hemat Baterai!

Google Chrome semua versi kini mendapatkan perubahan fitur yakni fitur hemat RAM dan hemat baterai. Begini cara aktifkan mode hemat di Chrome.

Fitur Baru Google untuk Chrome, Bisa Hemat Baterai!
Fitur baru Google untuk Chrome. Gambar : Pixabay.com/Dok. Geralt

BaperaNews - Google Chrome semua versi kini mendapat perubahan fitur berupa fitur hemat RAM dan hemat baterai. Fitur Google Chrome ini berlaku untuk semua versi Chrome yakni Windows, Chrome OS, dan Mac OS.

Fitur Google Chrome yang aktif secara default ini pertama kali diumumkan Desember 2022 lalu, pengguna bisa mematikan kedua fitur tersebut di menu Pengaturan.

Fitur Baru Google Penghemat Memori

Fitur Google Chrome pada penghemat memori atau memory saver bekerja dengan menempatkan tab yang tidak aktif di posisi beku sehingga RAM bisa lebih bebas dan bisa dipakai oleh laman atau aplikasi lain. Ketika pengguna mengklik tab yang dibekukan tersebut, pengguna bisa melanjutkan aktifitas terakhir yang ditinggalkan.

“Mode penghemat memori ini membuat memori tab yang tidak digunakan bebas, sehingga situs web aktif yang dijelajahi bisa muncul sehalus mungkin. Ini sangat berguna ketika pengguna menjalankan aplikasi intensif lainnya, misalnya bermain game atau mengedit video. Tiap tab yang tidak aktif akan dimuat ulang jika pengguna membutuhkannya” bunyi Google do di laman blog resminya.

Lebih lanjut, tab yang tidak dipakai akan diberi ikon speedometer pada alamat situsnya untuk menunjukkan tab sedang dibekukan. Pengguna bisa mengecualikan beberapa situs agar alamat situs tersebut tidak dibekukan oleh Memory Saver.

Google mengklaim fitur ini bisa mengurangi pemakaian memori Chrome hingga 30%.

Baca Juga : Simak! Ini Alasan Pengguna Google Chrome Di Android Dan Windows Wajib Update

Fitur Baru Google Penghemat Baterai

Sedangkan fitur baru Google Chrome kedua battery saver atau penghemat energi bisa membuat pengguna membatasi aktifitas latar belakang, efek animasi, dan frame rate video ketika memakai Chrome. Maka konsumsi baterai di ponsel atau laptop bisa turun hingga 20%.

Ketika mode penghemat energi ini aktif, pengguna akan melihat ikon daun di samping bilah alamat. Juga akan muncul efek visual ketika browsing menunjukkan lebih sedikit tab.

“Dengan rilisnya Chrome terbaru di desktop, kami perkenalkan dua setelan kinerja sehingga Chrome bisa menghemat memori hingga 40% dan 10 GB agar tab pengguna berjalan lebih lancar, juga bisa memperpanjang pemakaian baterai ketika hampir habis” klaim Google.

Cara Aktifkan Fitur Baru Google Hemat Memori dan Hemat Baterai di Chrome

Pengguna Chrome bisa menikmati kedua fitur baru tersebut yakni penghemat memory dan penghemat baterai jika telah update ke versi terbaru Chrome 110. Berikut cara aktifkan mode hemat RAM dan hemat baterai di Chrome.

Cara Aktifkan Mode Hemat di Chrome :

  • Buka Google Chrome versi 110 atau yang lebih baru.
  • Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas, pilih Setting.
  • Pilih Tab Performance, nyalakan toggle Memory Saver dan Energy Saver, kedua fitur sudah bisa dinikmati pengguna.

Baca Juga : Mudah! Ini Cara Hapus Akun Google di HP Android dan iPhone