Fitur Baru DM Twitter: Video Call, Voice Note Hingga DM Yang Bakal Terenkripsi

Bos Twitter, Elon Musk akan menerapkan fitur enkripsi pada pesan langsung atau direct messages (DM) Twitter sehingga tidak akan bisa diintip oleh siapapun.

Fitur Baru DM Twitter: Video Call, Voice Note Hingga DM Yang Bakal Terenkripsi
Elon Musk akan terapkan fitur enkripsi DM Twitter. DM Twitter Gambar : Dok. Twitter

BaperaNews - Fitur pesan langsung atau Direct Message (DM) Twitter akan terenkripsi sehingga tidak akan bisa diintip siapapun termasuk oleh bos Twitter Elon Musk.

Elon Musk mengadakan pertemuan dengan sejumlah karyawannya pada Senin (21/11), ia menjelaskan tentang fitur enkripsi DM Twitter tersebut.

Penjelasan dibuat dalam persentase berjudul “Twitter 2.0”. Elon Musk menyampaikan kepada karyawannya bahwa perusahaan akan mulai mengenkripsi DM Twitter dan menambahkan panggilan video serta suara terenkripsi antar akun.

“Kami ingin memungkinkan pengguna Twitter bisa berkomunikasi tanpa rasa khawatir tentang privasinya, atau tentang pelanggaran data yang menyebabkan semua DM mereka masuk web atau berpikir mungkin seseorang bisa memata-matainya melalui DM mereka” ujarnya ketika rapat. “Memata-matai itu jelas tidak keren dan pernah terjadi beberapa kali sebelumnya” imbuh Elon Musk.

Dalam sejarah Twitter, sempat terjadi kebocoran data, pada DM Twitter, tepatnya tahun 2018. Twitter membuat peringatan bahwa DM antara bisnis dan pelanggan yang dirahasiakan telah diakses pihak luar selama setahun.

Pada awal tahun 2022, pemerintah Amerika Serikat menuduh seorang mantan karyawan Twitter karena diduga mengakses data pribadi pengguna secara ilegal atas nama Arab Saudi, tidak jelas bagaimana DMnya digunakan.

Baca Juga : Alasan Elon Musk Hapus Label Twitter for iPhone

Twitter sebelumnya selama bertahun-tahun sempat menyampaikan ingin membuat fitur enkripsi DM, namun langkahnya maju mundur. Kini Elon Musk yang siap menjalankan misi tersebut melalui visi yang ia sebut Twitter 2.0.

“Seharusnya memang saya tidak bisa melihat DM siapapun termasuk jika seseorang menodongkan pistol ke kepala saya” lanjutnya pada rapat. Elon Musk kemudian memuji aplikasi instant terenkripsi 'Signal' yang diberlakukan secara nirlaba. Elon Musk menyebut telah bicara dengan pemiliknya, Moxie Marlinspike, ia menyebut Moxie siap membantu untuk fitur enkripsi DM Twitter.

Fitur enkripsi DM Twitter tersebut tidak bisa diwujudkan dalam waktu singkat atau terburu-buru, sebab berhubungan dengan keamanan dan privasi pengguna. Media sosial lain yang telah menerapkan fitur ini ialah milik Meta, Meta perlu beberapa tahun untuk meluncurkannya yang kini telah bisa diterapkan di WhatsApp, sebelumnya Meta melakukan uji coba sejak tahun 2006 dan baru pada tahun 2022 bisa diterapkan.

Selain itu Twitter juga telah kehilangan banyak karyawannya yang juga salah satu hambatan dalam mengeksekusi fitur ini. Jadi fitur baru sebatas rencana, penerapan belum bisa dipastikan kapannya.

Baca Juga : Berikut Cara Download Riwayat Cuitan Lama Penuh Kenangan Di Twitter