Final Piala AFF 2020: Kalah Telak 0-4, Shin Tae Yong Tak Sangka Akan Kalah Telak

Pertandingan leg pertama final Piala AFF 2020 Indonesia Vs Thailand harus berakhir dengan skor 0-4, Shin Tae Yong tak sangka akan kalah telak.

Final Piala AFF 2020: Kalah Telak 0-4, Shin Tae Yong Tak Sangka Akan Kalah Telak
Final Piala AFF 2020 Indonesia Vs Thailand harus berakhir dengan skor 0-4. Gambar: Dok PSSI

BaperaNews - Pertandingan leg pertama Final Piala AFF 2020 sudah digelar pada Rabu (29/12/2021) malam WIB. pertandingan timnas Indonesia vs Thailand yang berlangsung di National Stadium Singapore ini harus berakhir dengan skor 0-4.

Bintang keemasan Thailand kali ini berada di Chanathip Songkrasin, Chanathip berhasil mencetak dua gol pada menit ke-2 dan menit ke-52. Adapun dua gol lainnya berhasil dicetak oleh Supachok Sarachat pada menit ke-67 dan Bordn Phala pada menit ke-83.

Dilihat dari statistik permainan saat Final Piala AFF 2020, Thailand layak menang dengan skor yang mencolok karena tampil sangat dominan sejak awal pertandingan. Tercacat Thailand menguasai bola selama pertandingan sebanyak 67 persen dan berhasil melepaskan tembakan kearah gawang sepanjang pertandingan.

Di sisi lain, timnas Indonesia mengakhiri pertandingan dengan hanya satu shoot on target.

Seusai pertandingan, Shin Tae Yong mengaku kaget dengan kekalahan telak yang harus diterima oleh tim asuhannya. Terlepas dari hal tersebut, Shin Tae Yong berharap pemain-pemain muda timnas Indonesia dapat banyak belajar dari kekalahan kali ini.

"Saya tidak menyangka timnas Indonesia akan kemasukan banyak gol dan kalah dengan skor besar," kata Shin Tae yong

Shin Tae Yong menyampaikan bahwa timnas Indonesia masih kurang pengalaman dalam pertandingan.

"Sekali lagi, sangat terasa bahwa skuad timnas Indonesia masih kurang pengalaman," ucapnya

Namun ia menjelaskan bahwa timnas Indonesia harus tetap fokus pada aspek aspek positif agar dapat bermain lebih baik di leg kedua.

"Sangat penting untuk terus bergerak maju. Pola bermain dan hal-hal yang kami lakukan dengan bagus sepanjang turnamen, kami akan fokus pada aspek positif tersebut, Saya akan terus mengingatkan pemain untuk bermain lebih baik pada leg kedua," tutur pelatih asal Korea Selatan itu menambahkan.

Kalah dengan selisih empat gol menjadi hasil terburuk bagi timnas Indonesia pada final Piala AFF 2020. Sebelumnya, kekalahan terburuk timnas Indonesia adalah 1 – 4 dari Thailand pada final Piala AFF 2000 dan 0 – 3 dari Malaysia pada leg pertama final Piala AFF 2010.

Dengan kekalahan 0 – 4 membuat timnas Indonesia harus mengalahkan Thailand dengan margin minimal empat gol pada waktu normal final kedua untuk menjaga asa juara. Di sisi lain, timnas Thailand hanya membutuhkan hasil imbang pada leg kedua untuk meraih gelar juara di final Piala AFF 2020.

Leg kedua final Piala AFF 2020 antara timnas Indonesia dan Thailand akan digelar kembali di National Stadium Singapura pada Sabtu (1/1/2022) malam WIB.

Kekalahan yang dialami Timnas di Leg pertama Final Piala AFF 2020  jelas menjadi pukulan bagi Timnas Indonesia, karena hal ini mereka terpaksa harus mencetak  gol lebih banyak dengan minimal lima gol di leg kedua, jika masih ingin mewujudkan mimpi membawa gelar kejuaraan dan trofi turnamen ajang sepak bola terbesar di Asia Tenggara tersebut.