Film Top Gun: Maverick Kembali Puncaki Box Office AS Pada Pemutaran Minggu Kedua

Film Top Gun: Maverick kembali berhasil memuncaki box office AS dalam pemutaran minggu kedua.

Film Top Gun: Maverick Kembali Puncaki Box Office AS Pada Pemutaran Minggu Kedua
Film Top Gun: Maverick. Gambar : Dok. IMDB

BaperaNews - Film Top Gun: Maverick kembali berhasil memuncaki box office AS dalam pemutaran minggu kedua. Film yang dibintangi oleh Tom Cruise ini berhasil memperoleh pemasukan sebesar US$86 juta atau Rp1,2 triliun (US$1= Rp14.433,7) dari 4.751 bioskop di Amerika Utara.

Diketahui, jumlah tersebut menempatkan film Top Gun: Maverick sebagai salah satu film dengan pendapatan kotor tertinggi pada sejarah box office domestik AS.

Sebagai informasi, film Top Gun: Maverick adalah film lanjutan dari Top Gun yang kembali dibintangi oleh Tom Cruise sebagai Captain Pete 'Maverick' Mitchell.

Dalam film Top Gun: Maverick ini, ia kembali berada di dalam kokpit jet tempur guna bertugas menjalankan misi khususnya bersama dengan beberapa pilot muda.

Film yang disutradarai oleh Joseph Kosinski ini akan menjadi perjalanan penuh nostalgia bagi para pecinta aksi Tom Cruise alias Maverick sebagai pilot pesawat tempur.

Akan tetapi, penjualan tiket film Top Gun: Maverick pada minggu kedua turun sebesar 32 persen dari debutnya yang mencapai US$160 juta, sebagaimana dilansir dari Variety pada hari Minggu (05/06/2022) kemarin.

Menurut penyedia data marketing yaitu Comscore, hal tersebut menjadi penurunan minggu kedua terkecil untuk film dengan pendapatan lebih dari US$100 juta.

Baca Juga : Kabar Bahagia! BTS Akan Segera Comeback Di Acara Musik Korea Usai 2 Tahun Absen

Selain itu, Comscore juga menyatakan bahwa hal itu menjadi tolak ukur yang sangat mengesankan. Hal tersebut dikarenakan film box office termasuk Top Gun: Maverick, cenderung turun hingga setidaknya 50 persen setelah pembukaan akhir pekan.

Sebagai perbandingan, sekuel Doctor Strange dan film Spider-Man: No Way Home masing-masing mengalami penurunan hingga 67 persen selama pekan keduanya. Sementara itu, film The Batman turun 50 persen pada akhir pekan kedua.

Sementara itu, secara keseluruhan film Top Gun: Maverick ini telah berhasil memperoleh pemasukan hingga US$291 juta. Jumlah tersebut jauh lebih unggul apabila dibandingkan dengan pendapatan War of the Worlds (2005) dengan US$243 juta yang juga dibintangi Tom Cruise.

Atas pencapaian tersebut, film Top Gun: Maverick ini pun menjadi film terlaris bagi Tom Cruise yang pernah ada di box office domestik AS.

Kemudian film Doctor Strange in the Multiverse of Madness menjadi film dengan urutan kedua box office pada pekan ini dengan tambahan pemasukan sebesar US$9,3 juta dari 2.430 pemutaran.

Selain itu pada posisi ketiga diisi oleh film terbaru Disney berjudul The Bob's Burgers Movie pada pemutaran minggu kedua. Film tersebut diketahui hanya berhasil memperoleh pemasukan sebesar US$4,5 juta dari 3.425 bioskop.

Kemudian pada urutan keempat dan kelima box office diisi oleh film The Bad Guys dan Downton Abbey yang masing-masing memperoleh pemasukan sebesar US$3,3 juta dan US$3 juta.