Fakta - Fakta Insiden Mengerikan Layar LED Gantung Raksasa Jatuh Di Konser Mirror

Fakta - fakta dari insiden mengerikan yang terjadi saat konser boyband Mirror hingga penari latar alami cedera kepala dan operasi tulang belakang.

Fakta - Fakta Insiden Mengerikan Layar LED Gantung Raksasa Jatuh Di Konser Mirror
Fakta - fakta dari insiden mengerikan layar LED gantung raksasa jatuh saat konser Mirror. Gambar : AP/Vivian

BaperaNews - Mirror merupakan Boyband asal Hong Kong yang akhir-akhir ini menjadi sorotan publik setelah dikejutkan dengan insiden mengerikan yang terjadi di konser Boyband Cantopop Mirror. Konser Mirror ini terjadi pada hari keempat konsernya pada 28 Juli 2022.

Insiden mengerikan terjadi saat anggota boyband Mirror tampil di panggung bersama dengan belasan penari, tiba-tiba saja saat pertengahan penampilan layar LED gantung raksasa jatuh.

Layar LED gantung raksasa tersebut langsung menghantam penampilan di atas panggung, termasuk penari yang ditimpa layar LED gantung berukuran raksasa.

Hal tersebut membuat seluruh penonton hingga member Mirror sangat terkejut sampai berteriak histeris saat sedang asik bernyanyi bersama.

Penyelidikan yang dilakukan Kepala Eksekutif Hong Kong, John Lee tentang layar LED gantung berukuran raksasa bisa jatuh saat konser. Melibatkan banyak biro yakni Kebudayaan, Departemen Layanan Keamanan dan Kebudayaan, Departemen Tenaga Kerja, Departemen Layanan Listrik dan Mekanik, serta Olahraga dan Pariwisata.

Insiden mengerikan tersebut membuat pihak penyelenggara Mirror langsung dihentikan dan permintaan maaf dari Manajer Mirror Ahfa Wong Wai Kwan kepada penonton untuk diberhentikan konser Boyband Cantopop Mirror. 

Usai insiden layar LED gantung berukuran raksasa jatuh pihak Mirror secara resmi membatalkan 8 jadwal lainnya. Para pembeli yang sudah membeli tiket berhak mengajukan pengembalian dana.

Berikut Fakta - fakta Insiden Mengerikan di Konser Mirror :

1. 12 Hari Konser Mirror 

Konser Mirror mengadakan 12 konser yang dimulai pada 25 Juli sampai 32 Juli dan dilanjutkan lagi pada 2 - 6 Agustus. Insiden jatuhnya layar LED gantung berukuran raksasa merupakan salah satu dari konser keempat. Ketika insiden mengerikan itu terjadi pihak Mirror langsung membatalkan sisa dari delapan jadwal konser Mirror selanjutnya.

2. Member Boyband Mirror Terjatuh

Sebelum insiden layar LED gantung jatuh, salah satu member Mirror bernama Frankie Chan Sui-fai sempat jatuh dari atas panggung dari ketinggian satu meter yang menyebabkan ia menderita memar dan luka. Sontak hal ini langsung dikritik oleh Frankie tentang keamanan dan keselamatan sang idola di atas panggung. Namun, kejadian tersebut tidak menghentikan konser Mirror.

3. Petisi Keselamatan Mirror

Frankie terus mengkritik dan mempertanyakan untuk kedepannya bagaimana jaminan keselamatan member Mirror saat di atas panggung. Ia juga menyadari member lainnya yakni Anson Lo Hon-ting yang sempat kehilangan keseimbangan akibat berada di platform yang bergerak.

Disebutkan member Mirror, Anson Lo Hon-ting bersama Jeremy Lee Chun-kit yang melewatkan beberapa langkah tarian saat berada di atas jembatan yang berada saat konser pertama berlangsung tanpa pagar yang tergantung di udara.

Namun, Insinyur struktural Ngai Hok-yan berkata lain dengan menyebutkan bahwa panggung Boyband Mirror tersebut kokoh dan aman. Ia meyakini bahwa kecelakaan tersebut masalah personal antar member Mirror

Hal-hal tersebut membuat 10 ribu lebih dalam 11 jam petisi online terkait keselamatan dan keamanan member Boyband Mirror.

Baca Juga : Dior Kembali Dikecam, Warga China Tuding Dior Lakukan Perampasan Budaya

4. Layar LED Raksasa

Saat konser keempat Mirror, Anson Lo Hon-ting dengan 11 member Mirror bersama 12 penari latar belakang secara tiba-tiba ditimpa oleh layar LED gantung berukuran raksasa, membuat penari latar terkena layar LED gantung tersebut.

Seperti yang dilansir New York Times, Departemen Layanan Budaya selaku pengelola Hong Kong Coliseum mengatakan bahwa empat layar tv yang terpasang di atas saat konser Mirror masing-masing berukuran 5 meter x 3,9 meter.

5. Kondisi 2 Penari Latar

Jatuhnya layar LED gantung berukuran besar membuat insiden mengerikan dihentikan sampai akhir. Manajer Mirror Ahfa Wong Wai Kwan meminta para penonton meninggalkan lokasi kejadian dengan tenang.

“Terima kasih atas dukungan kalian semua kepada Mirror, tapi ada yang harus kami tangani sekarang. Kami minta maaf” ujarnya.

Seperti yang diberitakan oleh AFP, polisi menjelaskan ada 2 penari latar yang tertimpah layar LED gantung berukuran raksasa dan dibawa ke rumah sakit dalam keadaan sadar. 

Namun, pihak rumah sakit mengungkapkan salah satu dari penari dalam kondisi serius akibat cedera di leher. Sementara penari latar yang lain dalam kondisi stabil setelah alami cedera kepala.

Sumber medis menyebutkan penari latar mengalami cedera leher yang berisiko lumpuh, tulang leher ketiga dan keempat terkilir sehingga tidak dapat menggerakan anggota tubuh.

Seperti yang dilansir oleh South China Morning Post, kepala dan paru-paru penari terluka usai tertimpa layar LED gantung berukuran raksasa

Sumber medis lain mengatakan salah satu penari latar menjalani operasi tulang belakang pada (28/7)  dan kembali menjalani operasi pada (29/7) selama 8 jam. Operasi tersebut berhasil menstabilkan tulang punggungnya. Namun, penari latar tersebut harus diintubasi dengan kondisi tergolong kritis.

6. Penyebab Insiden Jatuhnya Layar LED Berukuran Raksasa

Kevin Yeung Sekretaris Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata di Hong Kong menjelaskan insiden mengerikan tersebut terjadi akibat satu dari dua tali logam yang menggantungkan layar LED gantung tersebut putus.

“Pemeriksaan awal menunjukkan bahwa kabel logam putus yang menyebabkan layar tersebut jatuh” Ujarnya.

Penyelidikan jatuhnya layar LED gantung berukuran raksasa ini bisa berlangsung beberapa pekan. Keving Yeung juga akan meminta keterangan yang lain untuk memeriksa risiko hal tersebut.

Kevin Yeung juga menyebutkan akan memeriksa kabel suspensi dan memastikan insiden tersebut disebabkan prosedur operasional atau bahan material dari kabel itu.

Baca Juga : Geger! Ada Video Syur Mirip Ardhito Pramono