Fahd Arafiq Minta Kader Bapera Dukung IAS Jadi Gubernur Sulsel 2024

Ketua umum DPP Bapera Fahd A Rafiq meminta kader Bapera untuk mendukung Ilham Arief Sirajuddin menjadi gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) 2024.

Fahd Arafiq Minta Kader Bapera Dukung IAS Jadi Gubernur Sulsel 2024
Gambar : Istimewa

BaperaNews - Ketua Umum DPP Bapera, Fahd El Fouz Arafiq meminta pengurus Bapera Sulsel mendukung Ilham Arief Sirajuddin atau IAS untuk maju menjadi calon Gubernur Sulsel 2024.

Keinginan Ilham Arief Sirajuddin (IAS) jadi Gubernur Sulsel 2024 itu disampaikan Fahd Arafiq secara terbuka dalam pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Daerah Barisan Pemuda Nusantara Sulawesi Selatan (DPD Bapera Sulsel) di Hotel Claro Jl AP Pettarani Kota Makassar Selasa (21/3).

"Bapera wajib mendukung kalau ada teman-teman maju di DPR RI, provinsi, kabupaten, hingga calon Gubernur. Di tengah-tengah kita ada Pak Ilham Arief Sirajuddin calon Gubernur Sulsel, maka kita wajib hukumnya mendukung," kata Fahd dalam sambutannya.

Dalam struktur DPD Bapera Sulsel, Ilham Arief Sirajuddin didaulat menjabat Ketua Dewan Penasehat. Mantan Wali Kota Makassar itu ikut hadir pelantikan pengurus DPD Bapera Sulsel.

"Kalau ada kader Bapera maju calon Gubernur Sulsel, ya kita dukung. Masa kita dukung orang lain yang bukan kader. Begitupun untuk pileg DPR RI, pasti kita akan berjuang ke depan," kata Fahd El Fouz Arafiq.

"Apalagi Pak Ilham ini kan kader Golkar. Nanti kalau di Golkar itu ada mekanisme untuk pengusungan calon, misal kita lihat dari hasil survei siapa yang tinggi elektabilitasnya, apalagi kalau elektabilitasnya tinggi pasti kita kasih rekomendasi," sambung Fahd El Fouz Arafiq.

Fahd El Fouz Arafiq adalah pengurus DPP Partai Golkar. Ia salah satu bagian dari tim penjaringan untuk Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

"Apalagi saya salah satu ketua DPP Golkar. Saya ikut dalam tim penjaringan tersebut, jadi kalau di Golkar mekanismenya seperti itu, siapa yang surveinya tinggi maka dia akan diberikan perahu Golkar dengan cuma-cuma," ujar Fahd El Fouz Arafiq.

Senada Ketua DPD Bapera Sulsel Andi Rio Idris Padjalangi juga menyatakan dukungannya kepada Ilham Arief Sirajuddin maju calon Gubernur Sulsel 2024. 

Hal itu disampaikan Andi Rio Idris Padjalangi dalam sambutannya. Andi Rio Idris Padjalangi adalah kader Partai Golkar. Saat ini ia duduk sebagai anggota Komisi III DPR RI Fraksi Partai Golkar.

Baca Juga : DPP Bapera Minta Mardani Ali Sera Minta Maaf Usai Pernyataannya Tentang Hasto Kristiyanto

Pengurus Bapera Sulsel Resmi Dilantik

Dewan Pimpinan Daerah Barisan Pemuda Nusantara Sulawesi Selatan (DPD Bapera Sulsel), Selasa (21/3) pengurus Bapera Sulsel resmi dilantik, Andi Rio diambil sumpah dan janji oleh Ketua Umum DPP Bapera Fahd Arafiq di Sandeq Hotel Claro Jalan AP Pettarani Kota Makassar Selasa (21/3).

Andi Rio menggantikan John Rende Mangontan

Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, ketua demisioner Bapera Sulsel sekaligus anggota Fraksi Golkar John Rende Mangontan, mantan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin.

Kemudian Brigjen Pol Chuzaini Patoppoi, Wakil Ketua DPD I Golkar Sulsel bidang pemenangan pemilu La Kama Wiyaka, Ketua Harian DPD I Golkar Sulsel Kadir Halid.

Pelantikan ini juga dirangkaikan dengan pelantikan pengurus Bapera 21 kabupaten/kota se-Sulsel.

Figur Calon Gubernur Sulsel 2024

Seperti diketahui, pemilihan Gubernur Sulsel 2024 tinggal sedikit lagi. Sejumlah figur sudah digadang-gadang layak bersaing memperebutkan kosong satu Sulsel.

Komisi II DPR RI, Mendagri, KPU, Bawaslu, dan DKPP telah menetapkan, pilkada untuk memilih gubernur, bupati, dan wali kota diselenggarakan serentak di seluruh daerah pada 27 November 2024.

Di Sulsel, sejumlah kepala daerah di garis terdepan bersaing menuju 01 Sulsel. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman ada di barisan terdepan mengingat posisinya yang strategis setelah Nurdin Abdullah tersandung kasus hukum.

Nama-nama elite dan ketua partai level provinsi ataupun kepala daerah dua periode berpeluang jadi penantang Andi Sudirman Sulaiman. Nama-nama elite partai itu seperti Wakil Ketua Umum DPP Golkar HAM Nurdin Halid.

Nurdin Halid punya modal 1,1 juta suara pada Pilgub Sulsel 2018 lalu. Kemudian Ketua DPD Gerindra Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras, partai pemenang ketiga di Sulsel.

Andi Iwan Darmawan Aras punya jaringan pengusaha dan Kadin di 24 kabupaten kota. Ia juga punya sejumlah kader Gerindra menjabat kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Kemudian Ketua DPW Nasdem Sulsel Rusdi Masse Mappasessu. Mantan Bupati Sidrap dua periode itu punya kekuatan kader menjabat kepala dan wakil kepala daerah. Tapi jangan lupakan nama Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Adnan berpeluang mewujudkan cita-cita almarhum Ichsan Yasin Limpo jadi Gubernur Sulsel. Nama lain yang patut dihitung; Danny Pomanto Wali Kota Makassar. DP sudah dapat karpet merah dari Nasdem partai bersinar di Sulsel saat ini. Nama lain yaitu mantan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin.

Sebelumnya, IAS pernah maju calon Gubernur Sulsel 2013. Berpasangan Aziz Qahhar Mudzakkar, keduanya meraih 1,7 juta suara melawan pasangan Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang (Sayang) Jilid II.

Ada pula nama eks Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki. Juga nama Indah Putri Indriani sebagai satu-satunya bupati perempuan di Sulsel. Ketua DPD I Golkar Sulsel Taufan Pawe juga tak boleh dicoret.

Sebagai pemegang tongkat komando partai pemenang Pemilu di Sulsel, TP punya kans besar diusung Golkar.

Setelah TP, kader Golkar potensial yang lain adalah Andi Fahsar M Padjalangi (Bupati Bone) dan Andi Kaswadi Razak (Soppeng). Namun kans Baso Fahsar dan Pung Dulli kecil mengingat ada Taufan Pawe dari parpol berlambang beringin.

Baca Juga : Fahd A Rafiq: Saya Berduka Pada Korban Kebakaran Plumpang, Kita Analisa, Cegah Konflik di Tahun Politik dan Strateginya