Fahd A Rafiq Para Pebalap Sepeda Indonesia Raih Emas di World Abilitysport Games 2023

Para pebalap sepeda Indonesia membawa pulang tiga medali emas di World Abilitysport Games Thailand.

Fahd A Rafiq Para Pebalap Sepeda Indonesia Raih Emas di World Abilitysport Games 2023
Fahd A Rafiq Para Pebalap Sepeda Indonesia Raih Emas di World Abilitysport Games 2023. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Tim para pebalap sepeda Indonesia kembali mencuri perhatian di ajang bergengsi World Abilitysport Games 2023 Thailand. Pasalnya, mereka sukses menyumbang tiga medali emas pada cabang road race.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyatkan bahwa para pebalap sepeda ini sangat hebat karena dapat tampil maksimal hingga mendapatkan emas walaupun dengan kekurangan yang ada.

"Kami bersyukur para pebalap sepeda sumbang tiga emas lagi setelah kemarin enam emas diraih. Mereka tampil maksimal meskipun dengan kekurangan yang ada,” ujar Fahd A Rafiq, Minggu (10/12).

Emas pertama direbut oleh Sufyan Saori lewat penampilan ciamiknya di nomor C5. Ia mencatatkan waktu tercepat 2 jam 9 menit 57,264 detik, mengungguli peraih perak asal tuan rumah Thailand dan perunggu dari Laos.

Giliran emas kedua dipersembahkan Muhammad Fadli Imamuddin yang tampil superior di kelas C4. Catatan waktunya 2 jam 9 menit 00,024 detik, menyisihkan peraih perak Estonia dan perunggu Swiss.

Gelaran emas tak terbendung ditutup Tifan Abid Alana yang menjadi juara nomor C3 setelah menorehkan catatan waktu 1 jam 53 menit 39,710 detik. UEA dan Arab Saudi harus rela puas berada di bawah atlet Indonesia tersebut.

Keberhasilan ini tak lepas dari persiapan ciamik tim Indonesia jauh-jauh hari serta dukungan penuh pemerintah lewat Kemenpora. Atlet-atlet handal ini patut mendapat apresiasi luar biasa karena telah mengharumkan nama bangsa di pentas dunia.

Sebagai informasi, hingga kini para pebalap Indonesia di World Abilitysport Games 2023 telah mengoleksi sembilan medali emas. Sehari sebelumnya, M. Fadli Imamuddin dkk sudah menyumbang tiga emas dari sektor Individual Time Trial.

“Capaian membanggakan ini patut menjadi pemantik semangat seluruh pebalap handal tanah air untuk terus berprestasi. Selain itu, masyarakat juga diharapkan turut memberikan dukungan moril bagi para atlet difabel,” ujar Fahd A Rafiq, Minggu (10/12).

Dengan tetap percaya diri dan pantang menyerah meraih mimpi, para atlet difabel telah membuktikan pada dunia bahwa mereka juga bisa bersaing dan meraih prestasi membanggakan di kancah internasional.

Semoga capaian ini bisa menjadi inspirasi dan meningkatkan inklusi sosial penyandang disabilitas di tanah air.

Penulis : Ahmad G