Fahd A Rafiq Dukung Presiden Jokowi Salurkan Bantuan Pangan untuk Rakyat Papua

Ketua Umum DPP Bapera, Fahd A Rafiq sangat mendukung tindakan pemerintah atas pengiriman bantuan pangan ke daerah Papua.

Fahd A Rafiq Dukung Presiden Jokowi Salurkan Bantuan Pangan untuk Rakyat Papua
Fahd A Rafiq Mendukung Presiden Indonesia Salurkan Bantuan Pangan untuk Rakyat Papua. Gambar : Istimewa

Bapera News - Presiden Indonesia, menyerahkan bantuan pangan berupa beras cadangan pemerintah (CBP) kepada masyarakat Papua di Kabupaten Biak Numfor. Bantuan 10 kilogram setiap KPM ini bakal diberikan setiap bulan hingga Maret 2024.

Penyaluran bantuan pangan ini ditujukan bagi keluarga penerima manfaat program seperti PKH dan BPNT. Bagi warga yang belum terdaftar, bisa mendaftarkan diri melalui RT/RW setempat untuk masuk dalam kuota tambahan.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq mendukung tindakan pemerintah atas pengiriman bantuan pangan ke daerah Papua.

“Indonesia ini tidak hanya Jawa dan Sumatera saja, Sabang sampai Merauke juga masih tanggung jawab pemerintah kita, maka dari itu saya mendukung akan adanya bantuan pangan yang dikirimkan ke daerah Papua saat ini.” Ujar Fahd A Rafiq, Sabtu (25/11).

Antusiasme masyarakat Biak Numfor menyambut kunjungan Presiden tampak sekali dalam interaksi sederhana di lokasi penyaluran bantuan pangan. Presiden juga melemparkan pertanyaan ringan terkait nama ibu kota baru Korea.

Seorang warga bernama Yan Drombewas berhasil menjawab ibu kota negara baru adalah Ibu Kota Nusantara. Ia pun langsung dihadiahi sepeda dari Presiden atas keberhasilan menjawab pertanyaan.

Baca Juga : ASEAN Kembangkan Perekonomian Kelanjutan Menuju Ketahanan Kawasan, Fahd A Rafiq: Indonesia Bisa Jadi yang Terbaik di ASEAN

Kunjungan kali ini menunjukkan kepedulian Presiden pada pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat di Papua. Apalagi Papua kerap menghadapi tantangan geografis yang berdampak pada ketersediaan dan harga pangan.

Penyaluran bansos CBP rutin selama 5 bulan ke depan bakal sedikit meringankan beban pengeluaran rumah tangga warga untuk kebutuhan pokok. Apalagi di tengah tekanan inflasi yang masih terjadi baik secara global dan nasional.

“Papua juga menjadi fokus tersendiri dimana Indonesia yang masih memiliki Papua dan memiliki sangat banyak sumber daya alam maupun manusia yang tersedia di Daerah Papua sana, kegiatan yang dapat dilakukan pemerintah selain untuk dalam negeri juga mengirimkan bantuan ke Palestina sebagai bentuk solidaritas Indonesia terhadap Palestina.” Ujar Fahd A Rafiq, Sabtu (25/11).

Selain itu, interaksi kepala negara dengan warga dalam agenda kerja ini juga menunjukkan kedekatan emosional Pemimpin dengan rakyatnya. Tentunya ini menjadi modal sosial yang baik bagi fondasi keutuhan NKRI kedepannya.

Dengan berbagai cara dan bentuk, pemerintahan saat ini berupaya hadir di tengah rakyat Indonesia. Salah satunya melalui bansos dan interaksi langsung pemimpin dengan konstituennya hingga ke pelosok negeri. Hal ini sejalan komitmennya mewujudkan Indonesia Maju yang merata, adil, dan makmur tanpa terkecuali.

Penulis : Ahmad G