Fahd A Rafiq Dukung Inovasi SATUSEHAT Kemenkes RI Raih Penghargaan The GovTech Prize 2024 di Dubai

Ketua Umum DPP Bapera, Fahd El Fouz A Rafiq mendukung prestasi gemilang SATUSEHAT Kemenkes Indonesia yang meraih The GovTech Prize 2024 di Dubai.

Fahd A Rafiq Dukung Inovasi SATUSEHAT Kemenkes RI Raih Penghargaan The GovTech Prize 2024 di Dubai
Fahd A Rafiq Dukung Inovasi SATUSEHAT Kemenkes RI Raih Penghargaan The GovTech Prize 2024 di Dubai. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Penghargaan bergengsi The GovTech Prize 2024 telah berhasil diraih oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia untuk Kategori Kesehatan, atas inovasi canggihnya dalam mengembangkan platform SATUSEHAT

Acara penganugerahan ini digelar dalam rangka World Governments Summit 2024 di Dubai, Persatuan Emirat Arab, pada tanggal (13/02/2024). Prestasi ini menempatkan Indonesia di barisan terdepan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat.

Ketua Umum DPP Bapera, Fahd El Fouz A Rafiq menyatakan apresisasinya terhadap prestasi Kemenkes dalam penghargaan tingkat dunia.

"Saya mengucapkan selamat atas prestasi Kemenkes RI dalam meraih penghargaan The GovTech Prize 2024. Inovasi SATUSEHAT adalah bukti nyata bahwa pemanfaatan teknologi digital dapat memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat." ujar Fahd A Rafiq, Kamis (22/2).

Penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Persatuan Emirat Arab, yang diwakili oleh Pangeran Dubai Sheikh Hamdan bin Mohammed bin Rashid Al Maktoum, diserahkan kepada Kemenkes RI yang diwakili oleh Staf Ahli bidang Teknologi Kesehatan sekaligus Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes RI, Setiaji.

Setiaji menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan kehormatan luar biasa bagi Kemenkes RI. Inovasi SATUSEHAT dalam meningkatkan kualitas data dan pelayanan kesehatan untuk masyarakat melalui digitalisasi telah mendapat pengakuan di tingkat global.

The GovTech Prize merupakan sebuah ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh Kantor Perdana Menteri Persatuan Emirat Arab melalui The Emirates Government Services Excellence Program (EGSEP). 

Tujuan dari penghargaan ini adalah untuk mengapresiasi inovasi yang dihasilkan oleh pemerintah dari berbagai negara di seluruh dunia, yang berdampak positif bagi masyarakat dan menjadi inspirasi bagi negara-negara lainnya dalam memanfaatkan kemajuan teknologi.

SATUSEHAT sendiri adalah sebuah ekosistem platform pertukaran data kesehatan nasional terintegrasi yang dikembangkan oleh Kemenkes RI. 

Platform ini memungkinkan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) untuk dengan mudah mengakses data dan meningkatkan efisiensi layanan. 

Saat ini, SATUSEHAT telah mengintegrasikan data kesehatan individu dari lebih dari 22.000 fasyankes, dengan target integrasi seluruh 60.000 fasyankes di masa mendatang.

"Kami berharap bahwa Kemenkes RI dapat terus mengembangkan inovasi-inovasi seperti SATUSEHAT untuk memperkuat sistem kesehatan kita. Semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi semua pihak untuk terus berinovasi demi kesejahteraan dan kesehatan masyarakat Indonesia." pungkas Fahd A Rafiq, Kamis (22/2).

Keberhasilan SATUSEHAT dalam meraih penghargaan ini memberikan dorongan tambahan bagi Kemenkes RI untuk terus beradaptasi dan menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang berkualitas, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. 

Hal tersebut bukanlah penghargaan pertama yang diraih oleh SATUSEHAT. Dalam 2 tahun terakhir, Kemenkes RI telah meraih 12 penghargaan nasional dan internasional lainnya atas upayanya dalam melakukan transformasi dan digitalisasi kesehatan.

Dengan prestasi ini, Kemenkes RI semakin menegaskan komitmennya dalam menghadirkan layanan kesehatan yang terdepan dan terbaik bagi masyarakat Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital yang inovatif dan berkualitas.

Penulis : AG