Erdogan Menang Pemilu, Kembali Jadi Presiden Turki Tiga Periode!

Recep Tayyip Erdogan kembali jadi orang  nomor satu di Turki usai dilaksanakan Pemilu Turki pada hari Minggu (28/5). Simak selengkapnya!

Erdogan Menang Pemilu, Kembali Jadi Presiden Turki Tiga Periode!
Erdogan Menang Pemilu, Kembali Jadi Presiden Turki Tiga Periode! Gambar : Murat Cetinmuhurdar/REUTERS

BaperaNewsRecep Tayyip Erdogan kembali jadi orang  nomor satu di Turki usai dilaksanakan Pemilu Turki pada Minggu (28/5). Erdogan menjadi Presiden Turki dalam 3 periode ini. Erdogan mendapat total 52,14 % suara dari rakyat Turki.

Kemenangan Erdogan ini memastikan kembali berlakunya masa pemerintahan Erdogan hingga tahun 2028 mendatang. Erdogan pertama kali menjadi Presiden Turki pada tahun 2014. Pada Pemilu 2024 kali ini, Erdogan menang dari lawannya Kemal Kilicdaroglu yang mendapatkan 47,86% suara.

Sejak awal, para pengamat sudah perkirakan Erdogan jadi presiden tiga periode Turki. Salah satunya alasannya ialah karena Partai yang dinaungi yakni Partai AKP menang di 10 dari 11 Provinsi yang terdampak gempa parah pada awal Februari 2023 lalu.

Kandidat Capres yang kalah, Sinan Ogan juga memberi dukungan pada Erdogan dan meminta para pendukungnya memilih Erdogan.

Erdogan Berjanji Kurangi Inflasi

Erdogan membahas tentang rencana kepemimpinannya dan targetnya untuk rakyat Turki, ia berjanji akan mengurangi inflasi dan memperbaiki kondisi usai terjadi gempa dahsyat lalu.

“Yang paling penting dalam beberapa hari ke depan ialah mengeliminasi masalah yang naik karena peningkatan harga, karena inflasi dan kerugian kesejahteraan. Kami akan mampu mengurangi inflasi, suku bunga 8,5%, inflasi akan turun” tegas Erdogan dalam pidatonya dilansir dari media Al Jazeera. 

Baca Juga : Finlandia Resmi Masuk NATO Usai Turki Beri Persetujuan

Erdogan Ledek Rivalnya : Bye Kemal

Selain membahas tentang target dalam kepemimpinannya, Erdogan juga sampaikan kalimat ledekan pada rivalnya di Pemilu Capres ini yang kalah 4 poin darinya.

“Bye bye Kemal. Satu-satunya pemenang di hari ini adalah Turki” sambung Erdogan di hadapan para pendukungnya di Istanbul. Warga pun ramai bersorak atas kemenangan presiden 69 tahun tersebut.

Para Pemimpin Dunia Ramai Sampaikan Ucapan Selamat

Sejumlah pemimpin negara memberi selamat atas terpilihnya Erdogan menjadi Presiden Turki masa periode 2023-2028.

“Sebagai sekutu NATO, saya menantikan kerjasama bilateral dan saling berbagi pada tantangan global” kata Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Kemenangan Erdogan pada Pemilu ini ialah hasil logis dari kerja keras sebagai pemimpin Turki” ucap Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Selamat kepada Presiden Erdogan, saya nantikan kolaborasi kuat antara negara kita mulai dari perdagangan hingga mengatasi ancaman keamanan sebagai sekutu NATO” ucap PM Inggris Rishi Sunak.

Baca Juga : Jokowi dan Ma'ruf Amin Kebagian Gaji ke-13, Dapat Berapa?