Efek Samping Suntik Putih Dan Cara Menghindarinya

Suntik putih menjadi salah satu pilihan yang menggiurkan bagi para wanita. Namun, Anda harus tahu efek samping suntik putih dan cara menghindarinya.

Efek Samping Suntik Putih Dan Cara Menghindarinya
Suntik putih menjadi salah satu pilihan yang menggiurkan bagi para wanita. Namun, Anda harus tahu efek samping suntik putih dan cara menghindarinya. Gambar : Pixabay.com

BaperaNews - Suntik putih menjadi salah satu pilihan yang menggiurkan bagi para wanita. Suntik yang diklaim bisa mencerahkan kulit sejauh ini belum bisa dipastikan tingkat keamanannya. Bahkan, jika suntik putih digunakan secara sembarangan atau cara penyutikkan yang tidak tepat, hal ini akan berisiko menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Sebelum mengetahui efek samping suntik putih dan beberapa cara menghindarinya, kalian perlu mengenali terlebih dahulu komposisi atau bahan yang biasa digunakan untuk suntik putih.

Dilansir dari alodokter.com komposisi atau bahan suntik putih pada umumnya mengandung Vitamin C, Glutathione, Kolagen. Tiga kandungan tersebut memang dipercaya bisa mengubah warna kulit seseorang. Seperti Vitamin C yang merupakan salah satu jenis antioksidan yang baik untuk kulit. Selain itu, vitamin C juga diketahui memiliki sifat antiaging.

Lalu terdapat Glutathione, kandungan ini merupakan antioksidan yang dapat menghambat produksi melanin atau zat warna alami di kulit. Efek dari glutathione ini memang bisa membuat kulit tampak lebih cerah. Sama seperti Vitamin C, glutathione juga dinilai memiliki efek antiaging yang baik.

Pada cairan suntik putih, fungsi kolagen bukanlah untuk memutihkan, melainkan untuk menjaga kekenyalan wajah. Sama seperti glutathione, kolagen juga diproduksi oleh tubuh, tetapi jumlahnya bisa menurun seiring pertambahan usia. Akibatnya, elastisitas kulit menurun dan memunculkan jejak garis halus di wajah.

Pada dasarnya, ketiga zat tersebut memang memiliki manfaatnya tersendiri untuk kulit. Namun, jika dosis penggunaan yang terlalu tinggi bisa menimbulkan berbagai masalah untuk kesehatan.

Pada umumnya, tubuh orang dewasa hanya memerlukan asupan vitamin C sebanyak 65-90 mg per hari. sementara itu, dalam suntik putih biasanya dosis vitamin C yang diberikan bisa lebih dari 1000 mg.

Baca Juga : Heboh! Seorang Wanita Jombang Kena Autoimun Usai Lakukan Suntik Putih

Pemberian dosis yang terlalu tinggi inilah yang bisa memberikan beberapa efek samping suntik putih, seperti:

  • Sakit kepala
  • Sakit perut
  • Mual
  • Insomnia
  • Diare
  • Maag

Itulah sebabnya, sebelum mendapatkan suntik vitamin C dosis tinggi, Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar terhindar dari efek samping suntik putih. Setelah mengetahui kandungan serta dampak dari suntik putih, untuk kamu yang masih ingin mencerahkan kulit dengan suntik putih.

Kalian dapat mengikuti beberapa tips berikut agar dapat terhindar dari efek samping suntik putih:

  1. Pilih dokter yang terpercaya dan kompeten

Untuk melakukan suntik putih, sebaiknya pilih dokter yang terpercaya, profesional, dan kompeten di bidangnya. Sebaliknya, hindari mempercayakan tubuh Anda disuntik oleh pekerja salon kecantikan yang kerap menyediakan paket suntik putih, terlebih dengan harga murah.

  1. Lakukan tes alergi

Sebelum mendapatkan suntik putih, sebaiknya Anda melakukan tes kulit terlebih dahulu untuk mengetahui apakah tubuh Anda cocok dengan bahan yang akan digunakan. Setelah itu, Anda bisa menunggu untuk melihat apakah ada reaksi alergi pada kulit Anda.

Dokter juga mungkin akan mengecek riwayat kesehatan Anda sebelum melakukan tindakan medis apa pun. Jika Anda sedang hamil, menyusui, menderita penyakit ginjal, diabetes, atau penyakit kronis lainnya, dokter akan memperingatkan Anda tentang risiko yang bisa terjadi.