Doa Taubat Nasuha dan Cara Taubat Agar Diampuni Allah SWT

Pahami cara taubat nasuha yang benar agar dosa kita diampuni oleh Allah SWT. Simak bacaan doa nasuha hingga cara taubat disini!

Doa Taubat Nasuha dan Cara Taubat Agar Diampuni Allah SWT
Doa Taubat Nasuha dan Cara Taubat Agar Diampuni Allah SWT. Gambar : pexels.com/Dok. RDNE Stock project

BaperaNews - Setiap individu pasti pernah melakukan kesalahan dalam kehidupannya. Kesalahan tersebut bisa berasal dari tindakan disengaja maupun ketidaktahuan. Untuk memperbaiki kesalahan tersebut, seorang Muslim dianjurkan untuk melakukan taubat dan membaca doa taubat nasuha. 

Taubat nasuha merupakan bentuk kembali kepada Allah SWT setelah menyadari dosa yang dilakukan, baik yang disengaja maupun ketidaktahuan. 

Pada kesempatan kali ini Bapera News akan membahas secara rinci doa taubat nasuha dan tata cara taubat nasuha agar mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

Bacaan Doa Taubat Nasuha

Taubat nasuha bukan sekadar pengakuan dosa, tetapi juga kembalinya seorang hamba kepada Allah SWT dengan ikhlas. 

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memenuhi syarat-syarat taubat nasuha, yang antara lain mencakup keikhlasan, penyesalan terhadap dosa, berhenti dari perbuatan maksiat, dan tekad untuk tidak mengulangi dosa yang sama. 

Dalam proses taubat nasuha, doa memiliki peran penting. Berikut adalah doa taubat nasuha untuk meminta ampun kepada Allah SWT:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْم الَّذِي لَا إِلهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Latin:

"Astaghfirullhal ‘azhiima-lladzii l ilha ill huwal hayyul qayym, wa atbu ilaih."

Artinya: 

“Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, tidak ada sesembahan yang patut disembah kecuali Dia, yang hidup dan terus-menerus mengurus ciptaan-Nya dan aku bertaubat kepada-Nya.”

Lanjutkan doa taubat nasuha berlanjut dengan:

اللّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لآاِلهَ اِلَّااَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَناَ عَبْدُكَ وَأَناَ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوْذُ بِكَ من شَرِّمَاصَنَعْتَ. اَبُوْءُلَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَي وَأَبُوْءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْلِي فَإِنَّهُ لاَيَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلاَّ اَنْتَ

Latin:

"Allhumma innii zhalamtu nafsii zhulman katsiiran, wa l yaghfirudz-dzunba ill anta faghfir lii maghfiratan min ‘indika warhamnii innaka antal ghafrur-rahiim."

Artinya: 

“Ya Allah, sungguh aku telah mendzalimi diriku dengan banyak kedzaliman dan tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. Maka ampunilah aku dengan sebuah pengampunan dari sisi-Mu dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Baca Juga : Doa Setelah Sholat Dhuha: Arab, Latin, Terjemahan, dan Keutamaannya

Setelah doa di atas, lanjutkan dengan doa taubat nasuha yang disahkan oleh Syaikh Al Albani dalam kitab hadits shahih Abu Daud no.1342:

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Latin:

"Rabbighfirlii wa tub ‘alayya innaka antat-tawwbur-rahiim."

Artinya: 

“Ya Tuhanku, ampunilah dosa-dosaku dan terimalah taubat dariku. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.”

Doa taubat nasuha menegaskan harapan seorang hamba akan ampunan dan kasih sayang Allah SWT. Dengan mengakui kesalahan dan dengan penuh kerendahan hati, seseorang memohon kepada Tuhan untuk mengampuni dosa-dosanya.

Tata Cara Taubat Nasuha

Taubat nasuha bukan hanya sebatas doa, tetapi juga melibatkan tindakan konkret. Beberapa langkah yang dapat diambil dalam tata cara taubat nasuha antara lain:

  1. Taubat harus dilakukan dengan niat yang tulus dan ikhlas untuk kembali kepada Allah.
  2. Penyesalan yang mendalam terhadap dosa-dosa yang pernah dilakukan menjadi langkah awal menuju taubat nasuha.
  3. Taubat nasuha melibatkan komitmen untuk berhenti dari perbuatan maksiat yang telah dilakukan.
  4. Kesungguhan untuk tidak mengulangi dosa yang sama merupakan bagian integral dari taubat nasuha.
  5. Doa taubat nasuha menjadi sarana untuk mengungkapkan penyesalan dan memohon ampunan Allah.

Memahami doa dan tata cara taubat nasuha, seorang Muslim dapat memperbaiki hubungannya dengan Allah SWT. 

Melalui proses taubat nasuha, setiap Muslim dapat merasakan kembali kehangatan rahmat Allah SWT yang senantiasa menanti hamba-Nya yang bertaubat dengan tulus. 

Doa taubat nasuha menjadi jembatan antara hamba yang sesat dengan ampunan yang tak terbatas dari Sang Pencipta.

Semoga dengan melakukan taubat nasuha, setiap langkah yang diambil dapat mendekatkan diri kepada keampunan dan kasih sayang Allah SWT yang Maha Pengampun.

Baca Juga : Doa Setelah Sholat Tahajud Arab, Latin, Terjemahan, dan Keutamaannya