Dikenal Sebagai Pejuang Lahirnya UU Desa, Sudir Santoso Meninggal Dunia Di Kota Kudus.

Sudir santoso yang dikenal sebagai seorang pejuang lahirnya UU Desa meninggal dunia pada hari Minggu (9/1/22) di Kota Kudus, Jawa Tengah.

Dikenal Sebagai Pejuang Lahirnya UU Desa, Sudir Santoso Meninggal Dunia Di Kota Kudus.
Sudir Santoso Meninggal Dunia. Gambar : Antara Foto

BaperaNews - Sudir Santoso tokoh dibalik lahirnya UU Desa dikabarkan meninggal dunia di Kota Kudus Jawa Tengah pada hari Minggu, 9/1/2022 saat tengah menjalani perawatan di RS Mardi Rahayu Kudus. Kabar duka ini disampaikan oleh Ristiyanto, Sekjen Partai Perkasa. Sebelumnya Sudir Santoso mendapat SK Wakil Ketua Majelis Tinggi Kementerian Hukum dan HAM tanggal 6 Januari 2022 yang merupakan bentuk pengakuan untuk Partai Perkasa.

“Telah meninggal dunia Bapak Sudir Santoso di Kudus pada hari Minggu, 9/1/2022, semoga perjuangan dan segala pengabdian beliau selama hidup yang telah dengan tulus mewakafkan jiwanya dan raganya untuk meningkatkan kesejahteran desa dapat diganti oleh Allah SWT menjadi ahli surga, aamiin” tulis Ristiyanto dakam keterangan tertulisnya Senin, 10/1/2022.

Ketua Majelis Tinggi perkasa, Bonny Minang juga mengucap bela sungkawa dan menyebutkan berbagai karya dan kebaikan Sudir Santoso semasa hidup. “Beliau besar jasanya untuk desa, dia adalah ahli politik di balik lahirnya UU Desa no 6 th 2014, Pendiri Partai Perkasa, Wakil Ketua Umum Partai Perkasa, juga pernah menjadi Anggota Majelis Tinggi Partai Perkasa, ucap Bonny.

Sudir Santoso adalah pria kelahiran Pati, Jawa Tengah 4 Februari 1962, selain terkenal sebagai tokoh lahirnya UU Desa beliau terkenal awalnya karena mendirikan dan menjabat sebagai Ketua Parade Nusantara yaitu organisasi kemasyarakatan dengan anggotanya pengurus pedesaan yang fokus untuk mensejahterakan desa. Pilar penyangganya ialah para pejabat desa seperti kepala desa, sekretaris desa, dan perangkat desa lainnya yang paling memahami kondisi kesejahteraan di desa.

Dari keterangan keluarga, Sudir meninggal dunia Minggu pagi jam 10.30 di RS Mardirahayu Kudus, sebelumnya almarhum dirawat karena sakit sejak hari Jumat, 7/1/2022, jenazah almarhum dimakamkan di hari yang sama sekitar jam 16.00 di pemakaman Kudus.

Sudir Santoso seharusnya memiliki jadwal untuk mengisi acara ADI (Aliansi Desa Indonesia) di Kota Solo pada Minggu Siang 9/1/2022, almarhum melalui keluarganya menelpon salah satu panitia tentang kemungkinan besar tidak akan bisa menghadiri ketika Sudir Santoso sakit dan masuk ke RS, panitia pun segera mencari pengganti, jika memang Sudir Santoso tidak bisa mengisi, tiba-tiba di hari Minggu siang panitia mendapatkan kabar bahwa beliau meninggal dunia, panitia pun menghentikan sejenak acara yang sedang berlangsung untuk mendoakan almarhum, sedangkan peran almarhum di acara tersebut digantikan oleh Dimyanti Dahlan, Sekjen Parade Nusantara.