Dibuka Khusus Talenta Digital di Rekrutmen CPNS 2023!

Pemerintah siapkan formasi khusus untuk talenta digital dalam Rekrutmen CPNS 2023.

Dibuka Khusus Talenta Digital di Rekrutmen CPNS 2023!
Dibuka khusus Talenta Digital di Rekrutmen CPNS 2023. Gambar : AFP/Juni Kriswanto

BaperaNews - Pemerintah siapkan formasi khusus untuk talenta digital dalam Rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) di tahun 2023 ini baik itu CPNS maupun PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

Formasi khusus untuk talenta digital di Rekrutmen CPNS 2023 masih dihitung terlebih dahulu berapa jumlah kebutuhan kuotanya.

“Salah satu sektor yang kita beri ruang ialah digitalisasi karena pemerintah saat ini sedang punya program digitalisasi. Ke depannya, kita hitung berapa kebutuhan talenta digital yang akan kita beri ruang di rekrutmen ASN 2023” tutur Menteri PANRB Abdullah Azwar pada Rabu (17/3).

Selain sejalan dengan program digitalisasi pemerintah, Abdullah Azwar menyebut formasi talenta digital akan dibuka karena banyak masukan dari masyarakat tentang fresh graduate atau lulusan baru dalam CASN 2023 dimana para lulusan baru ini dinilai bisa jadi bagian dari formasi digital tersebut.

“Ada banyak usulan supaya fresh graduate ini ikut dilibatkan karena banyak anak-anak fresh graduate belum bisa ikut formasi” imbuhnya.

Baca Juga : Simak! Ini Daftar Gaji Fresh Graduate yang Melamar Bersama BUMN 2023

Jumlah Formasi CPNS 2023

Lebih lanjut, Abdullah Azwar mengungkap perkiraan jumlah formasi Rekrutmen CPNS 2023  ialah 1,03 juta orang. Angka tersebut belum final, angka datang dari usulan pemerintah daerah dan kementerian atau lembaga.

Namun usulan jumlah formasi tersebut sudah ditandatangani Abdullah Azwar kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“CPNS ini saya akan tanda tangan surat usulan kepada Menkeu Sri Mulyani, surat usulan yang dikirim daerah totalnya ada 1,03 juta orang. Usulan datang dari berbagai kementerian dan lembaga, dengan proyeksi formasi sekitar 1, 6 juta” tandas Abdullah Azwar.

Seluruh dunia saat ini sedang bersaing dalam hal teknologi. Segala bidang diupayakan untuk bisa dibantu dengan sistem teknologi untuk menciptakan kinerja yang lebih mudah dan cepat. Sebab itu pemerintah butuh insan-insan produktif yang bisa ikut mengembangkan dunia digital Indonesia agar lebih merata penerapannya di masa depan.

Abdullah Azwar belum mengungkap di kementerian mana saja yang akan diberi ruang khusus untuk formasi digital. Pemerintah memang merencanakan digitalisasi di tiap bidang terutama di bidang layanan publik untuk ciptakan layanan lebih transparan dan mudah aksesnya.

Jumlah formasi untuk Rekrutmen CPNS 2023 pada penempatan di lingkup pemerintahan akan diumumkan ketika semua telah dirumuskan baik itu formasi, lingkup penempatan, maupun jadwal perekrutannya.

Baca Juga : PLN Buka Lowongan Kerja untuk 35 Posisi, D3 Bisa Daftar!