Dibuka Kembali, Ragunan Dibanjiri Pengunjung

Ragunan dibanjiri pengunjung setelah dibuka untuk umum, 3.000 pengunjung tercatat di hari pertama pembukaan

Dibuka Kembali, Ragunan Dibanjiri Pengunjung
Hari Pertama Beroperasi, Ragunan Dibanjiri Pengunjung, Gambar : IDN Times

BaperaNews - Tercatat sudah ada setidaknya 3.000 pengunjung yang mendatangi Kebun Binatang Ragunan. Hari pertama dibukanya kembali Kebun Binatang Ragunan, disambut gembira oleh masyarakat ibukota. Diperkirakan pengunjung akan terus bertambah di hari-hari berikutnya

Dibukanya kembali Kebun Binatang Ragunan, merupakan dampak dari penurunan level PPKM DKI Jakarta yang semula menempati level 3, kini berangsur membaik menjadi level 2.

Menurut penjelasan dari Wahyudi Bambang (Staf Pelayanan dan Informasi Kehumasan), hingga siang ini, tercatat setidaknya 3.600 an pengunjung yang sudah masuk ke dalam area Kebun Binatang Ragunan. Namun telah diprediksikan akan terus mengalami peningkatan hingga sore nanti, mengingat orang yang sudah mendaftar untuk datang berjumlah sekitar 8.000 an orang.

“Jumlah segitu banyak tidak tahu akan datang di hari sabtu ini semua atau sisanya besok. Mari kita lihat saja, hingga waktu tutupnya Kebun Binatang Ragunan yang jadwalnya akan tutup pada pukul 14.30 WIB,” kata Wahyudi Bambang (Staf Pelayanan dan Informasi Kehumasan).

Data orang yang sudah terdaftar untuk berkunjung ke ragunan bisa diketahui karena adanya kebijakan baru perihal proses pendaftaran. Semua orang yang hendak berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan, diwajibkan untuk melakukan pendaftaran secara online.

Untuk prosedur pendaftarannya sendiri wajib 1 hari sebelum kedatangan. Jadi tak bisa mendadak, mendaftar hari ini, bisa datang besok. Peraturan lainnya adalah pengunjung yang diizinkan masuk, hanyalah masyarakat yang terdaftar sebagai warga DKI Jakarta dengan dibuktikan oleh KTP elektronik.

Selain itu, terdapat persyaratan lainnya yakni, semua pengunjung wajib sudah terdaftar di aplikasi nasional Peduli Lindungi. Hal ini digunakan untuk mendeteksi dan menekan kasus penyebaran covid 19.

Sistem yang digunakan pun sudah sangat memadai, semua pengunjung yang sudah terdaftar di aplikasi Peduli Lindungi, tinggal menscan kode batang di lokasi Kebun Binatang Ragunan. Jika proses scan berhasil, barulah boleh masuk.

Pemberlakukan protokol kesehatan pun terlihat sangat ketat dilakukan oleh pihak manajemen Kebun Binatang Ragunan.

Dibukanya kembali Kebung Binatang Ragunan ternyata sudah banyak ditunggu oleh masyarakat. Banyak pengunjung yang merasa senang bisa mengunjungi Kebun Binatang Ragunan kembali.

Pihak manajemen Kebun Binatang Ragunan juga telah mensosialisasikan prosedur masuknya sehingga banyak pengunjung yang tidak merasakan kesulitan saat sudah tiba di lokasi. Persiapan pun sudah dilakukan sehingga lebih cepat.