Berkat STY! Timnas Indonesia Melejit Naik Di Ranking FIFA

Kemenangan yang diraih oleh Timnas Indonesia melawan Nepal di kualifikasi Piala Asia 2023 berdampak langsung pada peningkatan ranking FIFA.

Berkat STY! Timnas Indonesia Melejit Naik Di Ranking FIFA
Timnas Indonesia terus melejit usai mendapatkan peningkatan dalam Ranking FIFA. Gambar : Instagram/@pssi

BaperaNews - Kemenangan yang diraih oleh Timnas Indonesia melawan Nepal tidak hanya bisa mengantarkan Skuad Garuda tembus ke Piala Asia, namun juga berdampak langsung pada peningkatan ranking FIFA.

Berdasarkan data dari Footy Rankings, kemenangan yang berhasil diraih Timnas Indonesia atas Nepal, sukses membawa Indonesia memperoleh poin tambahan sebesar 11,31 poin. Kini Indonesia telah menempati posisi ke 155 yang mana sebelumnya berada di peringkat 159. Prestasi yang cukup membanggakan bisa naik 4 peringkat dalam waktu singkat.

Sebelumnya, Timnas Indonesia juga sempat melakukan perbaikan dengan menduduki peringkat ke 158 setelah berhasil menaklukkan Kuwait dengan skor akhir 2 – 1.

Selain memiliki target mengukir banyak prestasi, tujuan lain yang ditargetkan oleh PSSI untuk Timnas Indonesia adalah terus berusaha memperbaiki ranking FIFA. Dari sinilah Timnas Indonesia berusaha untuk aktif di berbagai pertandingan FIFA Matchday demi merain poin sebanyak – banyaknya dari hasil pertandingan tersebut.

Dengan bisa tembus ke Piala Asia, besar peluang untuk Indonesia terus mendulang poin demi poin dan memperbaiki ranking FIFA. Pasalnya, dalam gelaran ajang Piala Asia ternyata masuk dalam perhitungan kalender resmi FIFA.

Baca Juga : Simak! Hasil Pertandingan Prancis VS Kroasia Di UEFA Nations League Matchday 4

Kondisi tersebut membuat para pemain Timnas Indonesia Witan Sulaeman dan kawan – kawan bersemangat. Jika sampai ke partai puncak putaran final Piala Asia, tentu akan banyak poin yang bisa didapatkan.

Berdasarkan catatan pertandingan Piala Asia, Indonesia terakhir kali bisa tampil pada edisi 2007. Sudah hampir 15 tahun lamanya Indonesia baru bisa lolos kembali. Kebetulan, saat itu Indonesia juga dipilih sebagai tuan rumah.

Sepanjang sejarah olahraga sepak bola, Timnas Indonesia tercatat baru 4 kali lolos ke Piala Asia yakni tahun 1996, tahun 2000, tahun 2004 dan tahun 2007. Namun sayangnya, dari keempat peluang tersebut, Timnas Indonesia tak pernah lolos dari babak fase grup.

Ini menjadi pekerjaan rumah yang cukup berat bagi sang pelatih Shin Tae Yong dan para pemain Skuad Garuda untuk bisa memecahkan rekor di tahun 2023. Minimal harus bisa lolos dari fase grup dan bisa belajar dari kesalahan di masa lalu.

Tahun ini harus kerja lebih ekstra demi perbaikan kualitas sepak bola Indonesia agar tak dipandang sebelah mata khususnya di ruang lingkup Asia Tenggara. Indonesia mampu bersaing dengan para rivalnya seperti Vietnam dan Thailand.