Catat! Ini Pentingnya Asuransi Perjalanan Saat Traveling di Dalam dan Luar Negeri

Asuransi perjalanan sangat penting untuk digunakaan saat traveling di dalam dan luar negeri. Berikut manfaat asuransi perjalanan ketika ingin travelling.

Catat! Ini Pentingnya Asuransi Perjalanan Saat Traveling di Dalam dan Luar Negeri
Pentingnya Asuransi Perjalanan Saat Traveling di Dalam dan Luar Negeri. Gambar : Freepik.com/Dok. Storyset

BaperaNews - Indonesia termasuk Negara dengan warga yang sering travelling ke dalam maupun luar negeri dengan tujuan beragam. Mulai dari sekedar travelling, studi, ibadah, atau urusan pekerjaan. Ada yang tinggal sementara, ada pula yang menetap lebih lama hingga bertahun-tahun.

Hidup di Negara lain tentu bukan hal yang mudah. Ada berbagai hal yang berbeda yang seringkali butuh waktu untuk adaptasi. Sebab itu, perlu persiapan sungguh-sungguh sebelum memutuskan berangkat atau tinggal di luar negeri. Sedangkan jika tinggal di luar kota yang masih berada di kawasan Indonesia, biasanya lebih mudah untuk dijalani.

Salah satu hal penting yang perlu disiapkan dalam travelling ke dalam maupun luar negeri ialah asuransi. Asuransi perjalanan seringkali dipandang sebelah mata oleh masyarakat Indonesia.

Menurut Ketua ASTINDO Pauline Suharno, masyarakat Indonesia baru beli asuransi perjalanan jika menjadi syarat wajib untuk masuk ke suatu negeri atau wilayah, misalnya ketika wisata di masa pandemi Covid-19.

“Orang Indonesia itu kalau diminta beli asuransi perjalanan, kalau wajib baru beli, jarang ada beli ketika itu tidak wajib” tutur Pauline Suharno pada Jumat (24/2) dalam acara ASTINDO Travel Fair 2023. Padahal, asuransi perjalanan ini penting.

Baca Juga : Simak Syarat Naik Pesawat Februari 2023

Manfaat Asuransi Perjalanan Ketika Travelling

Ketika wisata di dalam maupun luar negeri, manfaat asuransi perjalanan bisa jadi pelindung diri dan keluarga jika mengalami hal tidak terduga. Misalnya ketika terlambat penerbangan, bagasi hilang, atau masalah medis.

“Tidak hanya kecelakaan, namun juga untuk masalah kehilangan bagasi, sakit ketika perjalanan, itu bisa dicover dengan asuransi perjalanan” sambung Deputi Direktur Marketing BCA Insurance Willy.

Willy berharap dengan naiknya minat masyarakat untuk berwisata, juga menambah minat untuk membeli asuransi perjalanan. “Kami harap di tahun 2023 ini dimana minat masyarakat untuk travelling tinggi, asuransi perjalanan juga bisa ditingkatkan lagi” pungkas Willy.

Jenis Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan yang perlu dimiliki untuk membantu di kala kondisi darurat diantaranya asuransi perjalanan yang akan menanggung segala resiko yang mungkin muncul selama di perjalanan dan asuransi kesehatan yang akan mengcover masalah kesehatan misalnya ketika kelelahan akibat perjalanan panjang. Dengan Demikian travelling tetap bisa terasa aman tanpa khawatir biaya pengobatan.

Jangan ragu untuk mendaftar asuransi perjalanan untuk persiapan yang lebih matang dan menjadikan travelling lebih berkesan serta menyenangkan.

Baca Juga : Jumlah Bandara Internasional di Indonesia Akan Dipangkas Jadi 14-15