Catat, Ini 40 Jalan Tol yang Bakal Terapkan Pembayaran Nirsentuh Tanpa Berhenti

Mulai bulan desember 2022 sistem transaksi tol nirsentuh dan non tunai akan diterapkan, inilah 40 jalan tol yang akan diterapkan pembayaran nirsentuh dan non tunai

Catat, Ini 40 Jalan Tol yang Bakal Terapkan Pembayaran Nirsentuh Tanpa Berhenti
40 Jalan tol yang diterapkan sistem mlff. Gambar : KOMPAS.COM/ Dok. KRISTIANTO PURNOMO

BaperaNews - Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) bekerja sama dengan BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) akan membuat sistem transaksi tol nirsentuh dan non tunai yang berdasar pada MLFF (Multi Lane Free Flow).

Dari unggahan resmi @kemenpupr Senin, 22/11/2021, sistem MLFF initargetnya akan mulai diterapkan akhir tahun 2022. Membenarkan kabar tersebut, Kepala BPJT Danang Parikesit mengungkap sistem MLFF ini mulai diterapkan Desember 2022 di beberapa daerah.

“Tol Jabodetabek adalah salah satunya, lainnya di Tol Trans Jawa” kata Danang pada Kompas.com Senin. Ia juga menambahkan keputusan penerapan fase 1 dari jumlah total 40 ruas jalan tol yang akan memakai sistem MLFF mulai diturunkan Maret 2022.

Sistem MLFF sendiri adalah inovasi cara pembayaran non tunai nirsentuh yang memakai teknologi GNSS (Global Navigation Satellite System) di aplikasi khusus jalan tol yang bisa diunduh di ponsel. GPS akan menentukan lokasi yang telah dideterminasi satelit dan melakukan pencocokan dengan peta GPS perjalanan.

Jadi ketika mobil dikendarai hingga keluar dari tol proses pencocokan berakhir, sistem akan otomatis menghitung tarifnya, dengan demikian pengguna tol tak perlu repot berhenti di gerbang tol yang bisa membuat antrian panjang, waktu tempuh perjalanan jadi lebih singkat.

Pembayaran juga dengan uang elektronik yang bisa mengurangi waktu transaksi menjadi hanya 4 detik saja, lebih cepat dibanding proses manual yang bisa memakan waktu lebih dar 10 detik, tentunya sistem tol MLFF ini akan lebih bermanfaat karena bisa mengubah waktu antrian tol menjadi nol detik.

Beberapa ruas jalan tol lain yang akan menerapkan sistem MLFF diantaranya Tol Sukabumi, Tol Surabaya – Madura, Tol Cipularang – Padaleunyi – Soreng, Tol Mandara – Bali, dan sebagainya yang bisa diketahui lengkapnya di Instagram resmi Kementerian PUPR @kemenpupr.

Penerapannya sendiri akan berjalan dengan skema 50% dari total gardu tol yang digunakan, sedangkan 50% sisanya untuk pengguna tol yang melakukan sistem pembayaran non tunai konvensional. Kita tunggu saja teknologi ini dan kita support agar teknologi canggih ini bisa segera berjalan di Indonesia